JPAC Komunitas Teater Musikal di Jakarta
Komunitas

JPAC Komunitas Teater Musikal di Jakarta

by Pandu
Sun, 14-May-2017

Jakarta Performing Arts Community [JPAC] adalah komunitas seni peran yang fokusnya memproduksi drama musikal di Jakarta. Lahir di tahun 2014 atas dasar hasrat suka pada drama-drama musikal seperti Broadway.

JPAC terdiri dari 8 board member [anggota inti] ditambah jejaring 500 anggota milis. Kebanyakan mereka punya pekerjaan di sektor di luar teatrikal. Komunitas ini jadi tempat tercurahkannya ide, hasrat, dan hobi antaranggotanya.

“Beberapa dari kami pernah ikut komunitas teater juga. Kemudian membentuk JPAC khusus untuk membuat drama musikal ala Broadway,” terang Alex.

Sejauh ini, kopdar dilakukan ketika teater akan diproduksi. JPAC juga membuka audisi untuk siapa pun yang mau terlibat di dalamnya. Boleh sebagai pemeran, kru, bahkan produser. Tapi mereka punya aturan khusus lho.

“Kalau di satu produksi dia sudah jadi produser misalnya. Di produksi berikutnya harus gantian. Ini berlaku bagi semua orang di belakang layar. Karena nggak mungkin dia melulu pegang tugas itu,” tambahnya.

Aturan ini dibuat agar semua anggota punya banyak kemampuan. JPAC terbuka bagi siapapun dalam rentang umur berapa pun. Tidak ada spesifikasi khusus untuk itu. Selama mereka menyukai drama musikal juga. “

Lewat JPAC kami berharap drama musikal bisa dikenal dan disukai di Jakarta. Karena jarang banget kan ada yang seperti ini,” terang Alex lagi.

Sejauh ini sudah delapan produksi teater yang mereka garap. West Side Story adalah yang terbesar pernah dilakukan. Bahkan sampai menerima lisensi internasional dari Music Theatre International [MTI].

Buat Commuters yang tertarik ikutan JPAC bisa langung mencontak mereka di akun Facebook. Siapa tahu kalian bisa jadi pemeran utama produksi kesembilan. [][teks @haabib_onta | foto @haabib_onta & PR]