Yuk, Ikutan Gerakan "Sedekah Mukena"
Komunitas

Yuk, Ikutan Gerakan "Sedekah Mukena"

by Pohan
Fri, 07-Aug-2015

Saat melaksanakan shalat, hendaknya wanita Muslim menutupi aurat dan bersih dari noda dan kotoran. Lazimnya, mereka memakai mukena untuk memenuhi syarat itu.

Namun, ketika wanita Muslim hendak salat di masjid/mushala, misalnya ketika dalam perjalanan atau di tempat lain, seringkali mereka risih karena mukena yang tersedia kotor dan berbau tak sedap. Inilah yang seringkali mengganggu kekhusyukan mereka dalam menunaikan ibadah shalat.  

Dengan kondisi demikianlah, wanita Muslim asal Bandung, Sheisa Sastaviana membuat proyek atau gerakan bertajuk Sedekah Mukena.

"Ini tuh lebih atas dasar pengalaman pribadi. Ketika saya shalat di masjid atau mushala, kebetulan nggak bawa mukena. Kalau pun tersedia, saya suka sedih lihat mukena nggak layak pakai. Bahkan ada juga mushala yang nggak nyediain mukena. Maka dari itu, saya mulainya dari circle dan lingkungan terdekat. Perempuan ke masjid istilahnya lebih 'ribet' dari laki-laki. Jadi saya mau coba bikin movement ini," jelas wanita yang dulunya sempat bekerja sebagai Social Media Writer di radio swasta di Bandung ini.  

Sebelum melahirkan Sedekah Mukena, Sheisa mengaku pernah memberikan mukena yang sengaja ia beli atau masih layak pakai untuk disumbangkan ke masjid/mushala.

Kini ia ingin mengajak orang-orang untuk bersedekah dengan menyebarkan alat salat terutama mukena di sejumlah masjid/mushala. Tak lain tujuannya agar wanita Muslim tetap bisa menjalankan ibadah dengan baik.

"Alat shalat ini akan disedekahkan ke masjid atau mushala. Mau berupa uang, boleh. Mukena yang udah lama, juga bisa," jelas Sheisa.

Sheisa memulai gerakannya dengan membuat akun media sosial Twitter @SedekahMukena beberapa hari lalu.

"Gara-gara obrolan sambil ngopi-ngopi gitu. Saya sih jalan sendiri untuk mengelolanya, teman-teman deket saya baru saya kasih tau untuk ikut nyumbang, dll," ujarnya

Sambil menunggu keberangkatan studi di luar negeri tahun depan, Sheisa tengah sibuk mengurusi Pekan Olahraga Nasional, sebagai Social Media Writer.

Dalam waktu dekat, Sheisa akan mulai membelanjakan kebutuhan sedekah bersama dua rekannya yang sudah memberikan donasi.

"Sebagian saya kasih ke Masjid Raya Bandung, sebagian saya bawa ke Malang [akhir Agustus 2015], cari masjid di sana. Sekalian emang mau ke Ranu Kumbolo," katanya.

Hasil donasi yang terkumpul juga akan dibuatkan laporannya oleh Sheisa. Kemungkinan laporan keuangan terlebih dahulu diumumkan melalui halaman blognya, sembari menanti peluncuran website "Sedekah Mukena", yang masih dalam tahap persiapan.

Anda yang ingin berpartisipasi dalam gerakan ini bisa menghubungi "Sedekah Mukena" via email sedekah[dot]mukena[at]gmail[dot]com atau SMS ke nomor 0812-7696-1350. [][teks @pohanpow | foto ilustrasi Rian Saputra]