Sayuran Aneh Patut Coba
Kuliner

Sayuran Aneh Patut Coba

by Sherra
Fri, 16-Oct-2015

Biasanya, sayuran yang terhidang di piring saji adalah kangkung, bayam, atau kembang kol. Nah, udah saatnya Anda mengenal beberapa sayuran aneh ini biar nggak bosan dengan sayur-sayur biasa.

Romanesko

Sayuran ini pertama kali ditemukan di Italia pada abad ke-16 dan masih saudara dari kembang kol. Sayuran ini kaya vitamin C, serat pangan, dan karotenoid. Bentuknya khas karena memiliki tonjolan-tonjolan seperti piramida. Dalam pengolahannya, romanesko diperlakukan seperti brokoli karena lebih lembut daripada kembang kol.

Samphire


Sekilas, sayuran ini bentuknya mirip asparagus mini atau ranting buah. Samphire dapat direbus, dikukus, atau dipanggang dalam oven microwave. Karena sudah asin, sayuran ini nggak perlu ditambah garam. Setelah dimasak, dagingnya terasa mirip batang bayam muda atau asparagus, sementara warnanya mirip rumput laut. Samphire mengandung vitamin A, C, B2, B15, asam amino, dan beberapa mineral seperti zat besi, kalsium, dan magnesium.

Kailan

Kailan sering digunakan dalam masakan Tionghoa. Sayur ini biasanya ditumis dengan bumbu jahe dan bawang putih, atau direbus dan dihidangkan dengan saus tiram. Daun maupun batang kailan dapat dimakan, biasanya dipotong-potong kecil sebelum dimasak.

Dandelion Greens