Khasiat Ceker Ayam
Kuliner

Khasiat Ceker Ayam

by Pohan
Wed, 01-Apr-2015

Sebagian orang merasa risi makan ceker ayam karena dianggap jorok. Mereka membayangkan ketika ayam tersebut masih hidup, kakinya kotor. Padahal ceker ayam banyak khasiatnya dan bisa dimasak untuk berbagai hidangan. Misalnya untuk makanan berkuah, nasi tim, dan masih banyak lagi.

Di China, ceker ayam sebagai bahan tambahan untuk hidangan sup. Bagi orang-orang China, ceker ayam dipercaya bisa bikin awet muda. Wow!

Yang tidak suka ceker ayam mungkin berubah pikiran setelah mengetahui gizi serta manfaat mengonsumsi ceker ayam berikut ini:


1. Mengandung kartilago yang bisa mengatasi sakit akibat arthritis - Ceker ayam mengandung berbagai macam nutrisi, di antaranya: protein, kolagen, dan kartilago. Salah satu kandungan gizi kartilago ini berperan besar dalam pergerakan sendi-sendi di dalam tubuh.

Kartilago adalah nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh dalam menjaga kelancaran pergerakan sendi. Dengan demikian, kartilago dapat berkhasiat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat arthritis dan sakit pada sendi.

Tak heran, orang-orang China, terutama para ahli bela diri memasukan menu ceker ayam sebagai bahan konsumsi makanannya secara rutin.


2. Mengandung zat kolagen tinggi - Sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan menunjukkan, ceker ayam mengandung kolagen [salah satu protein yang menyusun tubuh manusia] yang begitu tinggi. Dengan demikian, menu ceker ayam bisa menjadi sumber zat kolagen alternatif selain daging sapi dan ikan laut.

Belakangan ini, para ilmuwan mengerjakan sebuah proyek cara menemukan teknik terbaik untuk mengekstrak kolagen pada ceker ayam. Diketahui, kolagen manfaatnya banyak untuk kesehatan. Salah satunya mampu meremajakan kulit sehingga kulit terlihat lebih awet muda. Manfaat lainnya adalah dapat menguatkan sistem pembuluh darah sehingga peredaran darah dapat menjadi lebih lancar.


3. Mengandung zat kapur yang baik untuk kesehatan - Ceker ayam pun mengandung zat kapur untuk mengatasi reumatik. Para penderita reumatik amat dianjurkan untuk mengonsumsi ceker ayam secara teratur. Sebab kandungan zat kapurnya baik guna mengatasi sakit penderitanya.

Ternyata begitu banyak manfaat mengonsumsi ceker ayam. Masukkan hidangan ceker ayam pada menu sehari-hari bukanlah ide yang buruk. Selamat mencoba! [][teks @pohanpow/bidanku.com | foto ibudanmama.com, steamboat.house]