Perjalanan ke Timur Mencari Duren Terbaik
Kuliner

Perjalanan ke Timur Mencari Duren Terbaik

by Pandu
Mon, 07-Dec-2015

Terberkatilah mereka yang menggilai durian, raja dari segala buah. Apa kalian pernah punya ide gila untuk meniru "perjalanan ke barat mencari kitab suci" yang dilakukan Biksu Tong Sam Cong? Tapi ini jelas kebalikannya.

Perjalanan menuju timur mencari duren terbaik dari Jakarta sampai Karanganyar jaraknya bisa mencapai 577 km. Tapi akan lebih dekat daripada perjalanan yang asli. Di perjalanan menuju Karanganyar berhentilah kalian di enam tempat ini. Durian di sini terjamin enaknya karena langsung dari daerah penghasil.

1. Jakarta - Cileungsi, Jawa Barat [38,5 km/1,25 jam]

Durian Hepe

Buahnya berbentuk oval, berwarna cokelat, setebal 1cm. Duri kulit buah berbentuk kerucut, kecil, dan tersusun rapat. Berat buah biasanya 1,5 - 2 kg. Teksturnya halus, aroma tajam, dan manis.

2. Cileungsi - Parung, Bogor [60,7 km/1,5 jam]

Durian Otong

Termasuk varietas durian monthong, Thailand. Karena itu, buahnya paling kecil beratnya 2 kg. Buahnya tebal, tidak berbau tajam, tapi tetap manis kok. Dengan berat segitu, kamu bisa puas jika kembali nyetir.

3. Parung - Cimanggu, Bogor [82,8 km/2,5 jam]

Durian Matahari

Termasuk varietas kecil, beratnya cuma 1,5-2 kg. Dagingnya lumayan tebal karena berbiji tidak terlalu besar. Beraroma kuat serta manis. Kamu perlu menyantap 1 duren sendirian biar puas banget.

4. Cimanggu - Majalengka, Jawa Barat [222 km/6 jam]

Durian Bokor

Dikenal juga sebagai durian aden. Buahnya tebal panjang. Beratnya melebihi durian otong, per buah 3 – 4 kg. Harum namun sayangnya tidak terlalu manis. Tapi bukan berarti tidak layak dicoba.

5. Majalengka - Jepara, Jawa Tengah [369/7,5 jam]

Durian Petruk

Buahnya besar dan bulat menyerupai telur. Warnanya hijau kekuningan. Daging buah agak tebal berlemak, teksturnya lembek dan tidak beraroma tajam. Durian ini rasanya pun manis.

6. Jepara - Karanganyar, Jawa Tengah [156 km/4,5 jam]

Durian Sukun

Paling digemari karena teksturnya yang halus dan manis. Bijinya pun kecil dan berbuah tebal. Per buah beratnya 1,5-2,5 kg. Ukurannya sedang tidak terlalu besar. Pas mantab!

Perjalanan tadi dianjurkan dengan mobil, supaya tidak masuk angin dan lebih cepat. JIka kalian cukup gila perjalanan menuju Timur mencari duren terbaik bisa dilakukan sehari semalam. Wisata kuliner sampai terpuaskan. Hobah! [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto shopfly]