Kulineran di Bangkok Yuk!
Kuliner

Kulineran di Bangkok Yuk!

by Pandu
Tue, 08-Dec-2015

Selain Bali [Indonesia], Thailland pun jadi destinasi utama di Asia Tenggara, sekaligus persinggahan 'wajib' bagi para pelancong. Mereka yang ingin merasakan kehidupan malam, pasti ke Pattaya. Ingin berjemur seperti Leonardo di Caprio, pergi ke Phi Phi Island, yang mainstream itu. Sementara yang doyan kuliner, lebih baik berkeliling saja di Bangkok, sampai dompet cekak karena makan melulu.

Bangkok bisa diartikan "Makanan Jalanan". Jadi, pas bahwa Bangkok disebut sebagai satu dari banyak 'surga' kuliner di dunia. Cita rasa makanan Bangkok yang asam-manis, pedas-gurih, tentu bisa bikin liur terus menetes. Tapi di situ letak kesalahannya. Banyak turis yang langsung puas dengan makanan jalanan itu. Padahal belum tentu bagi orang-orang Thailand.

Cara terbaik untuk menentukan tempat makan enak di Thailand ialah yang paling banyak orang Thailand-nya. Tempat makan itu bisa menyajikan cita rasa asli "Negeri Gajah Putih". kayak pada 7 tempat ini:

1. Bangkrak

Letaknya di Silom Road, buka mulai pukul 10.00 – 22.00. Tutup tiap Minggu. Bangkrak adalah kafe kecil yang diisi banyak orang karena makanannya enak, ada pameran seni dan live music.  Di sini, menu ayam kari merah-nya juara se-Thailand!

2. Sukhumvit Soi 38

Letaknya dekat Stasiun Thong Lo. Kalau di Jakarta, itu ibarat kawasan Pecenongan yang dijejali warung tenda. Sukhumvit buka 24 jam. Banyak menu asli Thailand yang ditawarkan dengan harga kaki lima. Coba Ketan Mangga-nya manis-gurih. Rasanya nendang....

3. Somtum Der

Letaknya di Sala Daeng Road, Silom. Bisa jalan kaki dari Stasiun Silom. Buka mulai pukul 11.00 – 00.00, tutup di hari Minggu. Restoran ini terkenal dengan masakan khas Thailand, Som Tam, semacam salad papaya yang diberi kacang tanah, daging kepiting dan perasan jeruk nipis. Sueger!

4. Bamee Sawang

Letaknya di Thanon Rama IV. Buka mulai pukul 05.00 – 23.00, Senin tutup. Jagoan rumah makan ini adalah mie rebus. Resepnya turun-temurun yang terus terjaga, 'mengharum' sampai ke seantero Thailand. Belum ke Bangkok kalau nggak coba Hgaojuei Sae-Shuri.

5. Thip Samai

Letaknya di Maha Chai, Banglamphu. Buka mulai pukul 5 pagi sampai habis. Di Bangkok ada banyak penjual Pad Thai, tapi yang terenak itu di sini. Mie goreng asli Thailand ini terasa gurih dan segar.

Sekarang jadi punya referensi 'kan kalau mau makan di Bangkok? Biar jadi traveler yang 'mabrur'. [][teks @HaabibOnta/nerdnomads | foto nerdnomads]