Makanan Indonesia yang Diburu Turis Asing
Kuliner

Makanan Indonesia yang Diburu Turis Asing

by Pohan
Tue, 15-Dec-2015

Namanya turis asing datang ke Indonesia pasti bukan cuma jalan-jalan. Tapi mereka pasti kepengin tau makanan Indonesia. Kalau disebutin satu persatu sih nggak cukup nih satu halaman. Nasi Goreng keluar dari daftar yah! Inilah makanan Indonesia yang diburu turis asing:

1. Soto Betawi

Soto ini populer di Jakarta. Isinya daging atau jeroan sapi. Kuahnya pun bisa menggunakan susu sapi untuk mendapatkan rasa yang polll..

2. Rendang

Rendang biasanya terbuat dari daging sapi, kadang  juga hati, ayam, kambing atau daging lainnya. Tersedia di Rumah Makan Padang.

3. Soto Mie

Soto ini terbuat dari ayam atau daging sapi yang disajikan khas dengan mie kuning dan risol bihun.

4. Sate Ayam

Sate Indonesia disajikan dengan saus kacang. Dagingnya bisa diganti kambing.

5. Rawon

Ini makanan khas Surabaya. Kuahnya hitam terbuat dari keluak sebagai bumbu utama. Biasa disajikan dengan nasi.

6. Gudeg

Gudeg dari Jogja, terbuat dari nangka muda dengan campuran gula aren, santan, daging, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya.

7. Bakso

Bakso terbuat dari daging sapi. Bentuknya bulat dan biasa disajikan dalam mangkuk berisi kaldu daging sapi. Mie kuning, bihun, sayuran, tahu dan telur sebagai pelengkapnya.

8. Nasi Kuning

Nasi Kunyit terbuat dari beras yang dimasak dengan kunyit. Pelengkapnya ada telur, bumbu kelapa parut, ikan teri goreng dan kacang.


9. Gado-gado

Gado-gado berisikan kombinasi sayuran rebus yang disiram saus kacang. Hidangan lain yang sama seperti gado-gado itu pecel dan atah atau karedok.

10. Soto Ayam

Soto yang berwarna kuning ini nikmat disantap pedas, biasanya disajikan dengan lontong, nasi, atau ketupat dan bihun.

11. Ketoprak

Ketoprak adalah campuran dari kacang-tunas, tahu goreng, bawang, telur dengan saus kacang khusus.

12. Sayur Asem

Sayur Asem secara harfiah sayuran asam yang terbuat dari kacang, nangka muda, melinjo, kacang panjang, labu siam, jagung dan biasanya ditambah daging sapi juga.

13. Ayam Goreng

Ayam yang digoreng dengan bumbu-bumbu rempah khas. [][teks @pohanpow/allindonesiatravel.com | foto cara.media, awkulinerologi.wordpress.com]