Makanan Betawi Paling Beken
Kuliner

Makanan Betawi Paling Beken

by Pohan
Thu, 17-Dec-2015

Makanan Betawi tuh banyak macamnya. Kita rangkum yang populer aja yah. Kamu tidak dianjurkan membaca halaman ini menjelang tidur karena bisa ngiler alias pengin! Berikut daftar makanan Betawi paling beken:

1. Kue Cincin

Kue ini terbuat dari bahan-bahan yang sederhana termasuk kelapa setengah tua, gula merah, tepung beras, dan gula pasir. Kelapa setengah tua tersebut disangrai sampai warna kecokelatan.

2. Tape Uli

Bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat tape ketan sudah pasti beras ketan dan ragi tape. Kemudian untuk membuat ketan uli siapkan beras ketan putih dan kelapa parut segar.

3. Roti Buaya

Dulu, roti buaya terbuat dari singkong. Tapi sekarang tepung terigu. Dalam adat pernikahan Betawi, roti buaya melambangkan janji setia mempelai pria kepada mempelai wanita.

4. Dodol

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat dodol ini ketan, gula merah, gula pasir dan santan kelapa tua. Proses pembuatannya memakan waktu berjam-jam dengan prinsip saling membantu.

5. Kerak Telor

Inilah jajanan yang paling dicari pengunjung acara tertentu, misalnya pada acara Pekan Raja Jakarta [PRJ]. Kerak telor berbahan dasar beras ketan putih, telur ayam/bebek, ebi yang disangrai, dan lainnya.

6. Laksa

Ada beberapa jenis laksa di Nusantara ini. Namun, laksa betawi sedikit berbeda. Isinya ketupat, telur, tauge, daun kemangi, kucai, dan tambahan bahan lainnya. Rasanya gurih dan lezat.

7. Kue Rangi

Salah satu kue tradisional Betawi ini masih sering kita jumpai. Kue ini terbuat dari campuran kelapa parut dan tepung sagu. Sausnya gula merah yang dikentalkan dengan sedikit sagu.

8. Kue Cucur

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue cucur, antara lain: tepung beras, tepung terigu dan gula merah. Konon, nama kue diambil dari cara pembuatan, adonan di atas loyang yang bercucuran.

9. Nasi Uduk

Nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan ini dibumbui pala, kayu manis, jahe, daun serai, dan merica. Paling nikmat sih pakai bumbu kacang. Biasanya dijual pagi dan malam hari.

10. Asinan

Asinan terbuat dari sayuran atau buah-buahan yang diacarkan. Istilah asin sendiri mengacu pada proses pengawetan dengan merendam buah/sayur dalam larutan air garam. [][teks @pohanpow/makananbetawiasli.com | foto papasemar.com, resepharian.com]