Makanan Wajib Coba di Dunia [Bagian 2]
Kuliner

Makanan Wajib Coba di Dunia [Bagian 2]

by Sherra
Tue, 12-Jan-2016

Saat bertandang ke negara-negara di dunia, sayang banget kalo kamu cuma jalan-jalan, foto, dan belanja oleh-oleh. Rasanya akan kurang kalau kamu belum mencicipi makanan yang populer di sana. Nah, sebelum pulang ke Tanah Air, coba ajak lidahmu untuk mengenal cita rasa kuliner di negara asing yang kamu kunjungi. Siapa tahu itu bisa jadi rekomendasi untuk teman-teman lain yang akan berkunjung ke negara tersebut. Dikutip dari businessinsider, inilah makanan terbaik di 50 negara di dunia yang harus dicicipi.

1. Mole Sauce [Meksiko]

Mole adalah nama umum untuk beberapa jenis saus yang digunakan di Meksiko. Ini salah satu saus yang paling kompleks dan beraroma di dunia. Saus yang creamy dan pedas ini terdiri dari cabai, bawang putih, dan rempah-rempah. Mole biasanya disajikan di atas ayam atau enchiladas.

2. Rijsttafel [Belanda]

Dalam bahasa Belanda, Rijsttafel artinya "meja nasi". Maksudnya, puluhan lauk kecil, seperti: sate, sambal, telur gulung, buah-buahan, dan sayuran di atas meja. Semuanya adalah makanan Indonesia lho, tapi rijsttafel bermula pada zaman kolonial Belanda.

3. Egusi Soup and Pounded Yam [Nigeria]

Pounded Yam dibuat dengan mengaduk tepung ubi dalam air panas atau memasak ubi putih dan menumbuknya hingga lembut. Sedangkan Egusi soup terbuat dari biji squash, melon, atau tanaman labu yang kaya protein dan biasanya berisi sayuran, daging kambing, dan bumbu seperti cabai.

4. Rakfisk [Norwegia]

Rakfisk adalah ikan yang telah diasinkan dan difermentasi selama beberapa bulan. Ikan ini kemudian dimakan tanpa dimasak, sering disertai dengan bawang dan krim asam.

5. Adobo [Filipina]

Di Filipina, adobo adalah hidangan yang menyuguhkan beberapa jenis daging [daging babi atau ayam] yang dimasak dengan cuka, kecap, bawang putih, dan minyak. Hidangan ini sangat populer sehingga secara nggak resmi, beberapa menyebutnya hidangan nasional dari Filipina.

6. Zurek [Polandia]

Sup ini terdiri dari tepung gandum yang difermentasi dengan air sampai lima hari. Kaldunya diisi dengan sayuran cincang seperti wortel, lobak, akar seledri, daun bawang, kentang, bawang putih, dan biasanya ditambah telur dan sosis.

7. Francesinha [Portugal]