Palembang Nggak Melulu Pempek
Kuliner

Palembang Nggak Melulu Pempek

by Pandu
Fri, 22-Jan-2016

Rugi besar kalau kamu ke Palembang, cuma makan pempek. Pasalnya, makanan khas kota ini bukan cuma pempek. Cukup jadikan pempek sebagai oleh-oleh, toh itu tahan selama 3-4 hari.

Terus makan apa dong kalau bukan pempek? Coba cari 8 makanan khas Palembang ini biar kamu tahu keunikan dan kekayaan rasa kota Palembang.

1. Tekwan

Daging ikan yang telah dicampur sagu lalu direbus. Tiriskan, kemudian cemplungkan ke kuah kaldu udang. Tambahkan soun dan jamur. Kebayang kan enaknya?

2. Model

Pempek tahu ditambah mie soun lalu disiram dengan kaldu udang. Terakhir taburi dengan daun seledri. Segarnya mantap, gurihnya dapat. Pakai kecap dan sambal, nendang!

3. Bolu Kojo

Dibentuk menyerupai bunga, karena Kojo berarti Bunga Kamboja. Biasanya kue ini dihidangkan saat ada acara adat seperti kawinan. Dijamin enak apalagi diminum bareng teh tawar.

4. Laksan

Ini bukan lontong sayur. Laksan itu pempek lenjer tebal yang dipotong-potong dan disiram kuah santan pedas. Nendang rasanya!

5. Celimpungan

Bayangkan pempek yang disiram dengan kuah opor? Beuh, krenyes-krenyes gurih dan bikin nagih.

6. Tempoyak

Bahan dasarnya daging durian yang ditumis. Lalu ditambah cabai dan bawang. Tempoyak juga biasa dipakai sebagai bumbu memasak ikan patin. Rasanya unik dan gurih.

7. Pindang Tulang

Seperti pindang patin, tapi dengan bahan utama bagian tulang sumsum sapi. Rasanya gurih berkat perpaduan kaldu sapi dan daun bawang. Juga pedas mantap karena cabai merah.

8. Kue Srikayo

Sebagai makanan cemilan, tekstur kue ini lembut. Rasanya tidak terlalu manis tapi juga gurih. Pas untuk sore hari sambil minum teh atau kopi. [][teks @HaabibOnta | sumber & foto berbagai media]