Bubur-Bubur Tanah Air
Kuliner

Bubur-Bubur Tanah Air

by Sherra
Tue, 26-Jan-2016

Bubur identik dengan menu makan pagi. Biasanya disajikan dengan kuah kaldu, kecap, kacang, suwiran ayam, kerupuk. Indonesia kaya dengan kulinernya, nggak terkecuali bubur. Inilah beberapa bubur-bubur di Indonesia yang udah LINIKINI rangkum.

1. Kanji Rumbi

Bubur satu ini menjadi menu khas berbuka puasa bulan Ramadan di Aceh. Rempah-rempah yang menguatkan rasa dan menebarkan aroma bubur ini yakni cengkeh, serai, pala, pandan, dan kemangi. Kanji Rumbi disajikan dengan udang atau suwiran ayam.

2. Bubur Gurih

Bubur gurih dari Aceh juga. Cara bikinnya hampir sama dengan bubur biasanya. Tapi, rasa bubur ini lebih gurih daripada bubur lain karena proses masaknya ditambah dengan santan.

3. Bubur Kampiun

Bubur khas Minangkabau ini berisi banyak macam makanan. Satu hidangan ini terdiri dari bubur sumsum, ketan hitam, pisang kepok, biji salak, kolang-kaling, sagu mutiara, santan, dan gula merah.

4. Bubur Ayam Palembang

Bubur ini berkuah encer kecokelatan. Itulah yang jadi cirikhas bubur ini dengan bubur ayam lainnya. Sedapnya lagi, rempah-rempahnya terasa banget di lidah. 


5. Bubur Ase

Mungkin nggak setenar kerak telor. Bubur Ase adalah singkatan dari bubur asinan semur. Jadi, bubur asal Betawi ini adalah bubur yang disiram kuah semur. Toppingnya tentu potongan daging semur dan asinan sayur, seperti kol, mentimun, toge, sawi, wortel. Nggak lupa disajikan dengan kerupuk pink, dan emping.


6. Bubur Biji Salak

Bubur satu ini populer di berbagai tempat. Sebutannya pun beda-beda. Misalnya, di Jakarta terkenal dengan biji salak atau kolak. Di Jawa, dikenal sebagai jenang grendul atau bubur candil. Bentuknya bulat-bulat kenyal, manis gula merah, dan ditemani dengan kuah santan gurih.

7. Bubur Ayam Sukabumi

Bubur dari Sukabumi ini kuahnya menggunakan racikan bumbu soto, dengan topping cakwe dan kulit pangsit goreng. Biasanya disajikan dengan cah sawi asin, tahu goreng, semur kentang, dan mentimun yang tersaji dalam wadah terpisah.

8. Bubur Ayam Cianjur

Bubur asal Cianjur cirikhasnya  dibumbui kecap asin dan kuah kaldu bumbu pepes. Rasanya semakin nikmat dengan taburan kacang kedelai, irisan daun bawang,  goreng, emping, dan kerupuk putih khas Cianjur.

9. Bubur Lemu

Bubur yang sering dikenal dengan nama jenang lemu ini adalah makanan khas kota Solo. Dimasak dari  tepung beras yang dicampur santan. Sebagai penyedapnya ditambahin siraman kuah bumbu, suwiran ayam/telur, dan lauk krecek.

10. Bubur Tumpang

Ini juga bubur dari Solo. Namun, kayaknya sama dengan bubur lain sih. Bedanya, bubur ini disantapnya dengan sambal tumpang.  Bubur ini terbuat dari tempe yang telah didiamkan selama beberapa hari hingga mengeluarkan bau sangit seperti terasi dan dimasak dengan aneka bumbu seperti lombok atau cabai, bawang, garam, dan bumbu dapur lainnya.

11. Bubur Rang Rang

Bukan cuma terkenal dengan gudeg, Yogyakarta juga punya bubur Rang Rang. Bahan dasarnya terdiri dari: beras ketan diberi kuah santan dan gula merah. Rasanya manis dan gurih. Biasanya disajikan juga dengan buah nangka.

12. Bubur Tliweng

Bubur tliweng dari Bojonegoro. Terbuat dari nasi lembek ditambahkan dengan pipilan jagung pada bubur, bubuk ebi, tahu, cakue goreng, bawang merah, dan bawang putih goreng.

13. Bubur Merah Putih

Bubur dari Jawa Timur ini biasanya disajikan pada acara-acara adat. Misalnya pada selametan khitanan, ulangtahun, kelahiran, pindah rumah, bangun rumah, pernikahan, dsb. Dibuat dari beras, santan, garam dan gula. Bubur merahnya dibuat dengan tambahan gula merah. Di Sulawesi, bubur merah putih disebut bubur baro-baro.

14. Bubur Sumsum

Kabarnya, bubur sumsum asalnya dari Jawa Timur. Nama bubur sumsum diambil dari penampilannya yang seperti sumsum tulang, putih dan lembut. Bubur sumsum dibuat dari tepung beras, santan, daun pandan, garam, dan disajikan dengan air gula merah.

15. Bubur Manggul

Bubur asli Madura, bubur manggul. Bubur dari tepung beras ini dihidangkan dengan serundeng yang gurih dan harum jeruk. Bubur ini bisa juga ditambahkan sambal goreng udang. Tentu, paduan rasanya jadi unik.


16. Bubur Mengguh

Bubur ini populer di Bali. Bahannya beras dan santan. Biasanya disajikan dengan ayam suwir yang berbumbu, lalu disiram kuah ayam yang kental, ditambah urap sayur yang disajikan terpisah.

17. Bubur Pedas

Bubur pedas berasal dari Pontianak. Bubur ini dikenal dengan nama Bubbor Paddas yang disajikan di istana kerajaan sebagai cerminan budaya Kerajaan Melayu pada masanya. Buburnya terbuat dari beras yang disangrai dan ditumbuk halus, ditambah dengan rempah serta sayuran, seperti kangkung, pakis, daun kesum. Bubur ini kian menggugah selera dengan taburan kacang tanah dan ikan teri goreng.