Sosis dari Berbagai Negara
Kuliner

Sosis dari Berbagai Negara

by Pohan
Wed, 10-Feb-2016

Ada banyak macam sosis dari berbagai negara yang mungkin belum kamu ketahui. Kebanyakan sih terbuat dari daging babi. Tingkat kelezatannya pun variatif. Inilah sosis-sosis mantap:

1. Cumberland

Sosis dengan bentuk kumparan melingkar ini terbuat dari daging babi cincang yang berasal dari Cumbria, Inggris. Biasanya disajikan dengan mashed potatoes dan saus gravy.

2. Csabai

Penduduk Hungaria, khususnya Békéscsaba sangat menyukai sosis ini hingga menjadi tuan rumah festival sosis tahunan setiap bulan Oktober. Teksturnya sedikit kenyal.

3. Wollwurst

Wollwurst berasal dari Jerman. Sosis ini terbuat dari daging babi atau sapi yang dibuat dengan menggunakan tabung pipa. Biasa disajikan dengan salad kentang.

4. Sai krok Isan [Sosis Isan sour]

Sosis ini terbuat dari campuran daging babi giling dan nasi yang berasal dari Isan, Thailand. Rasanya asam karena sudah melewati proses fermentasi.

5. Loukaniko

Loukaniko berasal dari Yunani yang mengacu pada sosis babi. Dalam bahasa Inggris berarti setengah kering, dibumbui kulit jeruk, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya.

6. Cabanossie

Sosis ini berasal dari Australia dan Selandia Baru yang biasa dipakai sebagai cemilan atau topping pizza. Rasanya pedas karena dibumbui paprika dan lada hitam.

7. Boerewors

Asalnya dari Afrika Selatan. Terbuat dari daging sapi, babi, atau domba. Campurannya biji ketumbar, merica, pala, dan cuka. Yap, biasanya digunakan sebagai isian hot dog.

8. Lap cheong

Rasa sosis babi ini  smoky. Terkenal di Cina dan populer di Taiwan dan Singapura. Irisan sosis ini biasa dihidangkan dengan nasi dan telur sebagai menu sarapan di Cina.

9. Cotechino


Sosis ini berasal dari Modena, Italia. Berbagai rempah seperti ketumbar, cengkeh, kayu manis, dan merica menjadi campurannya. Dimakan dengan kacang atau polenta.

10. Morcilla

Asalnya dari Spanyol. Versi yang sama juga populer di Amerika Latin dan Asia. Rasa bawang putih dan paprikanya menyengat. Morcilla disajikan dengan roti sebagai snack. [][teks @pohanpow/firstwefeast.com | foto berbagai sumber]