Jenis-jenis Keju
Kuliner

Jenis-jenis Keju

by Pohan
Thu, 04-Feb-2016

Keju mengandung protein, mineral, vitamin, dan laktosa. Menurut catatan International Dairy Foods Association, lebih dari sepertiga susu yang dihasilkan tiap tahun di AS digunakan untuk memproduksi keju. Ada banyak jenis keju yang beredar di pasaran, namun hanya beberapa yang dikenal masayarakat Indonesia. Mungkin kalau kamu tertarik mencoba keju di bawah ini beli di supermarket yang menjual makanan impor:

1. Keju Asiago

Keju ini berasal dari Eropa. Rasanya pedas. Nama asiago diambil dari sebuah daerah di Italia, Asiago High Plateau. Keju asiago diproduksi dalam dua bentuk, pressato dan asiago dĀ“allevo.

2. Keju Biru

Keju biru awalnya diproduksi di lingkungan yang temperaturnya terkendali, seperti di gua. Karakteristik rasa keju ini cenderung tajam dan sedikit asin.

3. Keju Cheddar

Keju yang terbuat dari susu sapi ini berasal dari Desa Cheddar di Inggris. Rasanya ada yang ringan sampai tajam. Warnanya ada yang putih alami hingga kuning oranye.

4. Keju Krim

Keju ini teksturnya halus dan lembut karena terbuat dari krim susu sapi. Keju krim biasanya berwarna putih, serta terdiri dari dua jenis rendah lemak dan non lemak.

5. Keju Feta

Keju ini salah satu keju tertua di dunia dan resmi menjadi produk yang berasal dari Yunani sejak Oktober 2002. Keju feta terbuat dari susu domba bisa juga campuran susu domba dan kambing.

6. Keju Kambing

Keju kambing biasanya banyak ada di kawasan  Timur Tengah, Afrika, dan sejumlah negara Mediterania. Rasanya khas yang tajam karena olahan susu kambing.

7. Keju Swiss

Keju ini berasal dari negara Swiss. Bahannya dari susu sapi. Rasanya ada yang manis dan pedas. Keju swiss memiliki lubang besar di dalamnya, hasil dari pelepasan karbon dioksida selama proses pematangan.

8. Keju Vegetarian

Keju ini tidak dikentalkan oleh enzim rennet. Sebagai pengganti pengental, keju vegetarian pakai jamur, atau bakteri. enzim rennet tidak dipakai karena dianggap haram oleh vegetarian. [][teks @pohanpow/idfa.org | foto berbagai sumber]