Ragam Masakan Khas Manado
Kuliner

Ragam Masakan Khas Manado

by Pohan
Mon, 08-Feb-2016

Sensasi masakan pedas bisa bikin kamu merem melek. Masakan Manado pedas-pedas. Tambah melek ketika kamu tau kamu makan daging batman, eh maksudnya daging kelelawar. Nah, ibukota Sulawesi Utara ini memang menyimpan banyak sajian nikmat. Apa saja?

1. Tinutuan atau Bubur Manado

Nah, ini salah satu masakan Manado paling populer. Banyak orang lebih mengenalnya dengan nama bubur Manado. Bahan sajiannya lumayan banyak, yakni: beras, singkong, sambiki [labu kuning], kangkung, bayam, jagung, daun gedi, dan kemangi. Lebih lezat kalau bubur ini ditambahkan perkedel nike atau parkedel jagung, ikan cakalang fufu atau tuna asap, plus sambal roa.

2. Cakalang Fufu

Seperti namanya, masakan ini terbuat dari ikan cakalang dengan olahan yang dibumbui, diasap dan dijepit dengan kerangka bambu. Ikan dimasak dengan proses pengasapan. Panasnya harus merata supaya matang dan kering. Kira-kira pembuatannya 4 jam untuk pengasapan dan 2 jam untuk pendinginan.

3. Paniki

Masakan ini bahan utamanya daging kelelawar. Biasanya kelelawar dibakar terlebih dahulu supaya bulu-bulu halusnya musnah. Kemudian dimasak dengan bumbu santan. Ada juga yang dimasak dengan cabe ijo. Kelelawar untuk masakan ini biasanya jenis pemakan buah.

4. Rintek Wuuk [RW]

Sebelum diolah, daging anjing dibersihkan bulunya dengan cara dibakar. Kalau beli di pasar, daging sudah siap dimasak. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat masakan ini seperti bawang merah, lengkuas, sereh, cabe, kunyit, dan lainnya serta satu sloki arak cap tikus [arak Manado] jika ada.

5. Babi Putar

Babi putar tergolong sajian bergengsi karena harga satu ekornya cukup mahal. Babi dimasak dengan cara dipanggang di atas bara api kurang lebih sekitar 3 jam. Bumbunya dabu-dabu, baik dabu bakasang atau dabu lilang. Sebaiknya, masakan babi ini diproses dari anak babi bukan yang sudah besar. [][teks @pohanpow/berbagai sumber | foto pegipegi.com dan istimewa]