Nyesel Kalo Nggak Cicip Ini di Cirebon!
Kuliner

Nyesel Kalo Nggak Cicip Ini di Cirebon!

by Pohan
Fri, 19-Feb-2016

Bepergian ke luar kota untuk tugas kantor atau sekadar liburan, pastinya kamu bakal nyempetin mampir ke tempat makan khas kota setempat. Kalau kamu lagi di Cirebon, yang kamu harus coba ini nih..

1. Empal Gentong

Masakan berbahan utama daging ini diimasak dalam gentong tanah liat. Sambalnya khas banget, karena terbuat dari biji cabe merah yang dikeringkan.

2. Sega Jamblang [Nasi Jamblang]

Nah, ini juga pengenyang perut paling top di Cirebon. Nasi putih berbungkus daun jati ini kian nikmat dilengkapi aneka lauk, seperti tahu, tempe, dan telur dadar. Ada juga sih yang pake telur kepiting. Yang suka pedes, pake sambal saja, yang mirip sambal matah.

3. Sega Lengko [Nasi Lengko]

Yang jadi cirikhas nasi ini adalah tambahan taburan irisan tempe, tahu, dan toge, lalu disiram bumbu kacang. Agar lebih nikmat lagi, biasanya pake bawang goreng dan daun seledri. 

4. Tahu Gejrot

Di kota lain juga, makanan ini sudah banyak. Yang bikin lezat adalah ulekan cabe hijau yang dicampur bumbu cair. Nah, bumbu ini jadi kuahnya beberapa tahu goreng kecil yang sudah dipotong-potong, disajikan pada piring tanah liat. 

5. Mie Koclok

Kalo di Bandung sih namanya mie kocok. Di Cirebon disebut mie koclok karena mienya direndam ke dalam air panas dengan menggunakan tangkai saringan kemudian dikoclok-koclok, diangkat, lalu disajikan dengan bumbu seperti untuk mie baso. Yang jadi cirikhasnya, mie koclok biasanya dilengkapi kikil atau irisan daging. 

6. Docang

Nama masakan ini diambil dari singkatan, bodo [baceman] dari oncom dage dan kacang hijau yang menjadi toge. Menu docang terdiri dari lontong, daun singkong, serta toge, yang rasanya kian yahud ditambahin sayur oncom dage atau oncim gembos, yang dikombinasikan dengan parutan kelapa muda.

7. Sate Kalong

Bukan berarti sate dari daging kalong ya. Disebut begitu karena pedagangnya baru keluar pada sore [seperti kalong] dan menjualnya sampai larut malam. Sate ini berbahan dasar daging kerbau yang ditumbuk, lalu dihaluskan. Bisa juga sih dagingnya diganti dengan sapi.

8. Bubur Sop Ayam

Kombinasi bubur ayam dan sayur sop. Bubur ditambahin bumbu kuah sop dari kaldu sapi dengan taburan ayam suwir dan kerupuk. Isinya kol, daun bawang, dan tauco. Sedaap..

9. Kerupuk Melarat

Bahan dasarnya tepung tapioka. Digoreng tanpa minyak, tapi dengan  pasir yang bersih.

10. Kue Gapit

Makanan ringan ini terbuat dari tepung beras dan tepung terigu, telur ayam, air kelapa, garam, gula, dan kayu manis.

11. Siroop Tjap Buah Tjampolay

Nah, ini sirup botol legendaris khas Cirebon. Semula sih cuma tiga rasa, yakni, asam jeruk, rossen, dan nanas. Tapi sekarang rasanya beraneka. Jadi lebih banyak pilihan. [][teks @pohanpow/berbagai sumber | foto dok wisnuwidiarta.wordpress.com/susantoharyadi.blog.com]