Baik Buruk Kopi Decaf
Kuliner

Baik Buruk Kopi Decaf

by Pandu
Fri, 19-Feb-2016

Bagi pecinta kopi, minuman ini tidak akan mungkin terlewat setiap harinya. Kopi adalah elemen penting dalam melewati jam kerja karena kandungan kafein pada kopi bisa meningkatkan daya konsentrasi lebih tinggi.

Selain itu, kopo bisa merangsang otak  dan  tangkas mengolah memori pada otak. Makannya, ada sentilan yang bilang, ‘kalau nggak ngopi, nggak bisa mikir’. Pernah dengar 'kan?

Tapi mengonsumsi kopi berkafein terlalu banyak juga bisa meningkatkan risiko terkena stroke. Karenanya, ada alternatif lain, yakni kopi decaf. Jenis kopi decaf hanya mengandung kafein 0-7 mg per cangkir. Kafein dilunturkan dari biji kopi memakai air, karbondioksida atau tumbuh-tumbuhan. Nggak heran, dari segi rasa, tekstur dan tampilan akan berbeda dari kopi biasanya. Tergantung penggunaan bahan pada proses pelunturan.

Kopi decaf mengandung zat antioksidan yang lebih banyak daripada kopi biasa. Zat itulah yang menangkal radiasi bebas dan juga bisa mengurangi risiko penyakit kanker. Selain itu, kopi decaf juga mengandung magnesium, potasium dan vitamin B3 yang cukup untuk tubuh dalam satu cangkirnya.

Jika diminum tanpa tambahan gula atau krimer, kopi decaf bisa mencegah diabetes tipe 2 sebesar 7%. Neuron pada otak pun merespons dengan baik nutrisi dari kopi decaf karena kopi ini mencegah pertumbuhan penyakit neurodegeneratif [Parkinson dan Alzheimer].

Apakah kopi decaf tidak punya efek samping? Tentu ada. Memang belum diketahui sebabnya, tapi kopi decaf memicu kenaikan kolesterol jika dikonsumsi terlalu banyak. Pun kopi ini bisa jadi penyebab penyakit gastritis [lambung]. Kalau diminum cuma satu-dua cangkir sehari, kopi decaf bagus untuk tubuh.Tapi jika berlebih, tanggung sendiri deh akibatnya. [][teks @HaabibOnta/livestrong | foto sincerelysammy.files.wordpress.com]