Aneka Nasi Khas Nusantara [Bagian I]
Kuliner

Aneka Nasi Khas Nusantara [Bagian I]

by Sherra
Thu, 25-Feb-2016

Nasi adalah salah satu makanan pokok warga Indonesia, selain jagung, sagu, singkong, dan lainnya. Nah, di Indonesia nasi diolah dengan cara masak dan bumbu yang bervariasi. Apalagi ditambah lauk khas dari masing-masing daerah.

1. Nasi Goreng

                                                                                            foto corbisimages

Makanan satu ini bisa dibilang berasal dari masyarakat Tionghoa yang ada di Asia Tenggara. Nasi digoreng dengan minyak atau margarin agar tersaji hangat. Nah, nasi goreng yang tersebar di Indonesia diracik dengan rempah Indonesia, telur, dan kecap yang akhirnya termasuk makanan terenak di dunia setelah rendang.

2. Nasi Kucing

                                                                                        foto gerobakbetawi

Sego kucing atau nasi kucing adalah kuliner khas Yogyakarta, Semarang, dan Surakarta. Dinamakan nasi kucing karena porsinya sedikit. Masyarakat Jawa yang memelihara kucing biasanya memberikan makanan untuk kucing dengan porsi sedikit.

3. Nasi Kuning

                                                                                                foto kuliner123

Nasi kuning sering digunakan sebagai tumpeng untuk berbagai syukuran. Nasi yang dimasak dengan santan, kunyit, dan rempah-rempah ini asalnya dari Jawa. Lauk pelengkapnya adalah perkedel, telur, tempe kering, sambal goreng ati, dan emping ditambah lalapan mentimun dan daun kemangi.

4. Nasi Bakar

                                                                                        foto Choirul Anwar

Belum diketahui secara pasti nasi bakar berasal. Tapi makanan ini cukup populer di Indonesia. Nasi yang dibungkus daun pisang dan dibakar ini isinya beragam, mulai dari teri, cumi, ayam, ikan, dan lain-lain.

5. Nasi Uduk

                                                                                                  foto kuliner123

Hidangan ini salah satu menu khas buat sarapan. Nasi uduk mulai datang di Indonesia sejak abad ke-14 hingga ke-16 lewat proses perdagangan. Nasi uduk berasal dari Tanah Melayu [umumnya pulau Sumatera] dan wilayah negara Malaysia. Para perantau membawa nasik enak ini ketika ke tanah Jawa. Di berbagai daerah, nasi uduk punya racikan masing-masing

6. Nasi Jamblang

                                                                                        foto Indonesiakaya

Ini adalah salah satu makanan khas dari Cirebon, Jawa Barat. Jamblang adalah nama daerah di sebelah Barat kota Cirebon, yaitu Desa Jamblang yang merupakan tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas nasi jamblang adalah bungkusnya dari daun daun jati. Pada zaman Belanda, daun jati dikenal membuat nasi lebih awet ketimbang dengan daun pisang.

7. Nasi Gandul