Berburu Kuliner Solo
Kuliner

Berburu Kuliner Solo

by Pandu
Fri, 08-Apr-2016

Kalau kamu lagi di Solo, rugi deh kalau cuma jalan-jalan keliling kota sambil lihat bangunan kota lama atau nonton prosesi Sekaten. Apalagi cuma belanja batik di Pasar Klewer. Sayang.

Padahal di kota kecil ini juga menyimpan harta karun bagi pemburu kuliner enak. Tapi jangan manja mau makan di restoran saja. Makanan enak di Solo bisa saja di seberang trotoar Stasiun Balapan atau tepi Sungai Bengawan.  Pokoknya cari 7 makanan ini yang dijamin bikin jatuh hati.

1. Nasi Liwet

Nasi khas orang Solo ini terkenal gurih, Nasinya dimasak pakai kaldu ayam terus disiram kuah opor ayam. Nendang! Jadi ingin nambah melulu.

2. Gudeg Ceker

Siapa yang doyan ceker? Siapa yang doyan gudeg? Nggak perlu pakai jijik deh. Sudah dimasak kok, dijamin bikin nagih.

3. Sate Buntel

Di Bali  ada sate lilit dari ikan. Nah, ini sate kambing yang dibuntel pakai lemaknya. Buat yang doyan kambing pasti ketagihan.

4. Tengkleng

Disebut tengkleng karena banyak tulang. Kalau isinya daging, disebut gulai. Biasanya sih kepala kambing yang dipakai untuk bikin tengkleng.

5. Timlo

Segarnya sama kaya soto. Tapi isinya beda. Timlo pakai telur ayam pindang, wortel dan sosis solo.

6. Mie Ayam Bakso

Di Jakarta warung mie ayam bakso dari Solo aja enak. Apalagi di kota aslinya ya kan, dijamin nggak bikin kecewa.

7. Sate Kere

Sesuai namanya, sate ini emang buat yang lagi kere tapi pengen nyate. Sate kere dari gembus dan jeroan sapi. Rasanya enak. Harganya murah dan mengenyangkan! [][teks @HaabibOnta | foto wikimedia]