Belum Ke Bali Kalau Belum Cicipi Kuliner Tradisionalnya
Kuliner

Belum Ke Bali Kalau Belum Cicipi Kuliner Tradisionalnya

by Pandu
Tue, 26-Apr-2016

Bali baru saja dinobatkan sebagai Pulau Terbaik Se-Asia oleh TripAdvisor. Mengungguli Phuket [Thailand] dan Gili Trawangan. Hasil ini didapat setelah para traveler melakukan pengumpulan suara. Dan terpilihlah Pulau Dewata di puncak destinasi untuk melancong.

Pulau Dewata itu bagus untuk jasmani dan spiritual. Ombak di lautnya cakep buat surfing. Habis itu bisa yoga di tepi sawah atau mengunjungi Pura. Kalau lapar gimana? Ya makanlah! Belum ke Bali tapi kalau belum makan 5 masakan khas Pulau Dewata ini.

1. Sate Lilit

Ikan Tenggiri dicincang halus terus dicampur ke resep turun temurun. Baru dililit ke batang bambu atau serai. Terakhir dibakar deh. Hampir mirip otak-otak tapi lebih wangi dan gurih.

2. Ayam Betutu

Di Jl. Waltermonginsidi juga sih. Jadi kalau belum bisa nyicipin di Bali langsung kesitu aja. Yang paling terkenal itu khas dari Gilimanuk. Dimasak selama seharian dan dibakar pakai bara. Cocok buat yang doyan pedas!

3. Babi Guling

Ikon kuliner Pulau Bali serta simbol kemakmuran. Karena warga Bali kan nggak makan sapi. Jadi ya ‘sapi bogel’ aja yang diolah. Rasanya jelas gurih. Dihidangkan bareng nasi sambel lawar dan sate lilit.

4. Nasi Jenggo

Duit sudah sekarat masih banyak yang ingin dijajal tapi perut laper. Kalem, beli aja Nasi Jenggo. Murah kok. Modelnya mirip nasi kucing. Lumayan buat ganjel ya kan. Daripada lagi asik main malah pingsan.

5. Tipat Blayag

Agak mirip Lontong Sayur tampilannya. Tapi rasanya jelas beda. Manis, gurih dan pedas. Dicampur ayam, lawar, daun singkong, sambal dan kedele goreng. Terus disaram pakai kuah santan.

Buat petunjuk aja, nggak berarti yang menu makanan khas di restoran atau hotel itu enak. Karena lima masakan ini adalah ‘makanan kampung’. Jadi kamu perlu blusukan for the part of your journey! [][teks @HaabibOnta | foto Wikimedia]