Kuliner Aceh "Mangat" [Bagian 1]
Kuliner

Kuliner Aceh "Mangat" [Bagian 1]

by Sherra
Mon, 02-May-2016

Mangat? Ya, itu bahasa Aceh yang berarti "enak". Makanya, kalau bertualang ke Aceh, jangan lupa mencicipi kulinernya. Provinsi di ujung Pulau Sumatera ini memiliki kekayaan alam, budaya, serta makanan khas yang menggugah. Citarasa gurih, pedas, serta racikan rempah-rempahnya bisa jadi bikin lidah ketagihan. Makanan khas Serambi Mekah berikut patut dicoba nih Commuters!

1. Mie Aceh

foto klikhotel.com

Mie Aceh adalah salah satu dari banyak masakan khas Aceh dengan berbagai macam rempah. Sajiannya berupa mie kuning tebal ditambah daging sapi atau makanan laut entah cumi, kepiting, atau udang. Mie Aceh disajikan dengan cara digoreng atau direbus dan rasanya pedas. Ada juga restoran mie Aceh yang menyediakan mie aceh tumis. Ditambah dengan acar bawang merah. Yang jelas, rasanya nikmat!

2. Martabak Aceh

foto klikhotel.com

Yang satu ini sekilas mirip martabak telur. Tapi yang bikin beda adalah proses pembuatannya. Kalau martabak biasa, kulitnya melapisi kocokan telur, sedangkan martabak Aceh, kulit martabaknya berada di dalam kocokan telur. Jadi kulit martabak digoreng, dibentuk segi empat, lalu dituang kocokan telur. Setelah agak matang, dibalik dan dituang kembali kocokan telur di sisi lainnya. Dinikmati bersama acar bawang dan cabe rawit.

3. Sate Matang

foto klikhotel.com

Sate matang berbahan dasar daging kambing. Dinamakan sate matang karena awal mulanya diperkenalkan oleh penjualnya di kota Matang Geuleumpang, sebuah kota kecamatan di kabupaten Bireuen. Sate matang ini disajikan disajikan dengan semangkuk kuah soto dan bumbu kacang.

4. Kuah Pliek 'U

foto klikhotel.com

Pliek-u adalah sisa atau ampas kelapa kering yang dibusukkan dan dipisahkan dari minyak kelapa. Kuah pliek 'u ini disajikan dengan berbagai jenis sayuran, seperti nangka muda, daun melinjo ditambah buah melinjo muda, kacang panjang, kacang buncis, terong hijau, daun kangkung, daun singkong, dan buah labu siam. Bumbunya terdiri dari udang ebi, kepala ikan asin, ketumbar, cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kelapa sangrai, merica dan belimbing sayur. Kebayang rasanya?

5. Kuah Masam Keu-eung

foto istimewa

Masam berarti asam dan Keu-eung adalah pedas. Masakan asam pedas rasanya mirip-mirip dengan gulai asam padeh dari Padang. Yang dimasak masam keu-eung ini warna kuahnya kekuning-kuningan dan agak kemerah-merahan karena ada  kunyit di dalam bumbunya dan serta sedikit cabe merah.

6. Bu Sie Itek

foto infokuliner.com

Dalam bahasa Aceh, "bu" adalah nasi. Bu Sie Itek adalah nasi putih yang dicampur gulai daging bebek. Gulai daging ini dimasak dengan berbagai rempah seperti cabai, bawang, merica, lada, ketumbar, dan lainnya. Bu Sie Itek yang terkenal adalah dari Bireuen.

7. Ayam Tangkap