Kuliner Aceh "Mangat" [bagian 2]
Kuliner

Kuliner Aceh "Mangat" [bagian 2]

by Sherra
Mon, 02-May-2016

Mangat? Ya, itu bahasa Aceh yang berarti "enak". Makanya, kalau bertualang ke Aceh, jangan lupa mencicipi kulinernya. Provinsi di ujung Pulau Sumatera ini memiliki kekayaan alam, budaya, serta makanan khas yang menggugah. Citarasa gurih, pedas, serta racikan rempah-rempahnya bisa jadi bikin lidah ketagihan. Makanan khas Serambi Mekah berikut patut dicoba nih Commuters!

11. Kue Timphan

foto istimewa

Kalau bertandang ke restoran masakan Aceh, biasanya disediakan kue ini. Biasanya timphan disajikan saat lebaran Idul Fitri atau Idul Adha. Timphan terbuat dari terigu, santan, pisang, dan diisi srikaya atau parutan kelapa lalu dibungkus daun pisang muda.

12. Kopi Aceh

foto tanohgayo.com

Kamu pencinta kopi? Udah nyobain kopi Aceh belum? Aceh terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia dan terkenal hingga mancanegara. Kalau ke Aceh, jangan lupa coba Kopi Ulee [dari Kampung Ulee Kareng] dan kopi gayo [dari dataran tinggi Gayo].

13. Manisan Pala

foto peunajoh.tumblr.com

Kabupaten Aceh Selatan adalah penghasil komoditi pala terbesar di Aceh bahkan di Pulau Sumatera. Selain diolah menjadi manisan dan sirup, pala dapat dibuat juga menjadi minyak pala yang berkhasiat tinggi untuk mengobati luka. Manisan pala menjadi salah satu hidangan saat hari raya.

14. Kanji Rumbi

foto masakandapurku.com

Bubur khas Aceh berbahan dasar beras dan rempah-rempah. Biasanya ditambah dengan udang atau daging. Kanji rumbi banyak ditemui saat bulan Ramadhan di Aceh.

15. Lepat

foto WR Bathin

Lepat adalah menu utama masyarakat Gayo untuk berbuka  Puasa atau saat hari raya. Mirip dengan timphan. Yang membedakan, lepat berbahan dasar tepung ketan. Makanan ini tahan lama jika diasapi dapat bertahan sampai 2 minggu.

16. Kue Bhoi

foto Atjeh Connection

Bentuk kue bhoi sangat bervariasi, seperti bentuk ikan, bintang, bunga, dan lain-lain. Selain jadi buah tangan, kue bhoi juga menjadi salah satu isi bingkisan seserahan yang dibawa calon pengantin pria.

17. Meuseukat