Inilah Sumber Protein Pengganti Daging
Kuliner

Inilah Sumber Protein Pengganti Daging

by Sherra
Mon, 23-May-2016

Vegetarian pastinya nggak mengonsumsi daging. Trus, gimana cara mereka mendapatkan protein untuk tubuh? Banyak lho bahan makanan lain yang bisa jadi sumber protein selain dari daging-dagingan. Bahkan sayuran juga bisa jadi pilihan.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki dosis protein yang baik dengan asam lemak dan antioksidan [vitamin A dan E]. Kacang-kacangan juga kaya akan serat. Tinggal pilih aja, kacang tanah, almond, pistachio, kacang mete, dan kacang pinus, kacang polong, kacang hitam, kacang tunggak, kacang arab, dan lainnya. Selai kacang juga bisa jadi pilihan sumber protein.

2. Biji-bijian

Lemak tak jenuh serta phytochemical membuat biji-bijian baik untuk penyakit jantung dan pencegahan kanker. Biji-bijian seperti biji wijen, biji bunga matahari bisa dikonsumsi langsung atau sebagai pelengkap makanan lain, salad misalkan.

3. Kedelai

Memiliki protein yang sebanding dengan kualitas  protein hewani. Kalau di Asia makan kedelai atau makanan berbahan dasar kedelai selama hampir 4.000 tahun, tapi kini jadi tren yang berkembang lho di Amerika selama lima dekade. Kini tahu, tempe, susu kedelai, edamame, memang sudah menjadi pengganti daging untuk para vegetarian.

4. Padi-padian

Beberapa padi-padian memiliki protein tinggi dan dapat dimasukkan dalam menu diet sebagai sumber karbohidrat dan protein. Misalnya, gandum, beras merah, oats, kinoa, dan lainnya. Pilih jenis padi-padian yang telah diolah menjadi sereal, pasta, roti, dan nasi untuk makanan dengan nutrisi lebih.

5. Sayuran

Jangan heran, sayuran seperti bayam, brokoli, buncis, asparagus juga mengandung protein. Satu cangkir bayam atau brokoli mengandung 5 gram protein.

6. Produk susu

Mengonsumsi produk susu adalah cara bagus menambah protein. Keju, susu, dan yogurt bisa jadi teman menyantap makanan lain. Misalnya, sereal dan susu atau roti gandum dan keju. Pas!

7. Telur

Menambahkan telur ke dalam sandwich atau sarapan juga bisa menjadi salah satu sumber protein lainnya selain dari daging. [][teks @saesherra/ sparkpeople.com | foto huffingtonpost.com]