Rahasia Masakan Meksiko
Kuliner

Rahasia Masakan Meksiko

by Hagi
Sun, 26-Jun-2016

Meksiko merupakan negara dengan yang punya banyak ragam makanan tradisional yang bikin goyang lidah. Apa rahasianya?

1. Masakan Meksiko lebih tua dari yang Anda kira. Banyak resep tradisional Meksiko berasal langsung dari suku Aztec dan Maya.

2. Meski begitu, bangsa Spanyol-lah yang membawa banyak pengaruh ke masakan Meksiko, saat mereka menjajah negeri itu selama tiga abad.

3. Pada 1520, bangsa Spanyol membawa tanaman dan hewan yang belum pernah dilihat di Meksiko, termasuk apel, jeruk, anggur, kuda, sapi, domba.

4. Makanan tradisional Meksiko banyak menggunakan semua bagian dari sapi termasuk ambing, perut, lidah, bahkan uterus dan testis.

5. Meksiko juga terkenal dengan berbagai jus segar dari buah-buahan tropis dan eksotis. Mereka menjajakan es limun di pinggir jalan.

6. Tortilla adalah makanan pokok Meksiko yang terbuat dari jagung atau terigu. Tortilla digunakan di banyak hidangan dengan pilihan renyah atau lembut.

7. Tequila adalah minuman Meksiko paling terkenal. Dibuat dari tanaman agave dan banyak diproduksi di kota-kota di Meksiko dengan nama sama.

8. Antara 1864 sampai 1867, Meksiko dikuasai Prancis, dan banyak jejak mereka di kuliner Meksiko termasuk chiles en nogada dan conejo en mostaja.

9. Saat pertama kali penjajah Spanyol memasuki ibukota Aztec, mereka menemukan Kaisar Montezuma menyukai minuman vanila dan cokelat.

10. Vanilla adalah zat yang berasal dari buah spesies tertentu anggrek Meksiko, dan cokelat berasal dari buah pohon kakao Meksiko.

11. Di beberapa bagian Meksiko, disajikan hidangan eksotis seperti belalang dan ulat. Taco juga punya beragam isian, dari otak hingga testis sapi.

12. Calaveras de Azucar [gula-gula tengkorak], adalah salah satu permen paling terkenal Meksiko, yang dibuat dan disajikan pada Hari Orang Mati.

13. Cabe adalah bahan yang paling sering digunakan dalam makanan tradisional Meksiko.

14. Bahkan makanan penutup tradisional Meksiko juga memiliki cabai di dalamnya. Cabe membantu menciptakan perpaduan antara pedas dan manis.

15. Meski makanan Meksiko dikenal pedas dan berat, sebenarnya mereka cukup sehat karena banyak mengandung vitamin, mineral, dan rendah lemak. [][teks @evaevilia/berbagai sumber | foto pixabay.com]