Ragam Sushi
Kuliner

Ragam Sushi

by Hagi
Mon, 08-Aug-2016

Banyak dari kita yang sepertinya doyan sushi. Well, makanan khas Jepang ini memang enak. Tapi tahukah kita bahwa sushi terdiri dari beberapa jenis? Nah, biar makin sedap menyantapnya, simak info dari beberapa sumber ini ya..

A. Makizushi

atau maki, artinya sushi gulung, paling sering kita temui. Nasi diisi ikan, sayuran, dan daging lalu digulung dalam bungkus nori. Selain nori, juga bisa bungkusnya berupa omelet tipis, atau kertas kacang kedele, atau mentimun. Sering disebut juga sebagai norimaki. Maki sushi bisa disantap menggunakan sumpit atau boleh juga pakai tangan langsung. Ini jenisnya ya:

1. Futomaki

atau sushi gulung tebal, berdiameter 5cm. Berisi dua atau lebih daging isian. Norinya membungkus di luar.

2. Hosomaki

atau sushi gulung tipis, berdiameter 2,5cm. Memuat hanya satu isian: tuna, timun, wortel, atau alpukat.

3. Ehomaki

atau gulungan penuh untung. Berisi 7 isian, karena angka itu melambangkan keberuntungan.

4. Temaki

atau gulungan tangan. Dibungkus dengan nori bentuk kerucut dengan isian yang muncul di atasnya. Temaki harus langsung dimakan begitu selesai dibuat, sebelum nori-nya menyerap udara dan jadi lembab.

B. Nigirizushi

atau nigiri, artinya ditekan tangan. Menggunakan tangan, nasi dibentuk sehingga menggunduk. Lalu neta, irisan ikan atau seafood diletakkan di atasnya. Bisa langsung disantap dengan tangan. Tapi hati-hati ya.
Beberapa chef sushi suka menyelipkan wasabi di antara nasi dan neta. Mesti waspada biar nggak kena jebakan betmen. Topping populer untuk nigiri adalah gurita, belut air tawar, belut laut, cumi-cumi, atau telur manis.

C. Inarizushi

atau inari, adalah nasi sushi yang dibungkus lapisan tahu goreng khusus yang disebut juga abura age. Abura age bisa dibeli secara terpisah, tetapi jika dibuat sendiri, kita akan bisa mengatur tingkat kemanisannya.

D. Oshizushi

berarti sushi tekan, dikenal juga sebagai hako-sushi, atau sushi kotak, adalah sushi yang dicetak. Sebuah cetakan kayu bernama oshibako digunakan untuk membentuk sushi dengan topping lalu di-press hingga berbentuk kotak.

E. Sashimi

atau tubuh ditusuk, adalah irisan ikan mentah yang disajikan di atas garnish. Sashimi disajikan tanpa nasi.
Banyak yang beranggapan bahwa sashimi adalah bukan bagian dari sushi. Tapi memisahkannya mudah saja. Kalau pakai nasi, maka itu masuk ke keluarga sushi, sementara kalau nggak pakai berarti masuknya ke sashimi.
Kecap asin dan wasabi acap dijadikan cocolan untuk sashimi. Makannya pakai sumpit ya.

F. Chirashizushi

atau chirashi, artinya sushi yang menyebar. Chirashi berbentuk semangkuk nasi cuka sushi dengan irisan sashimi di atasnya. Selain potongan seafood, topping chirashi bisa juga dalam bentuk sayuran atau garnish.

Wah, jadi terbit air liur nih. Yuk kita ke sushi bar sekarang.. [][teks evaevilia/proventricks.com | foto berbagai sumber]