5 Cara Memasak Brokoli
Kuliner

5 Cara Memasak Brokoli

by Sherra
Thu, 06-Oct-2016

Brokoli itu salah satu sayuran yang memiliki antioksidan tinggi. Rugi deh kalau kamu nggak doyan. Hihihi.. Biar nggak bosan, coba deh memasak brokoli dengan lima cara berikut ini.

Bahan:

> Satu kepala brokoli
> Pisau
> Peralatan untuk memasak

Petunjuk:

» Potong bunga brokoli:
Pisahkan kembang brokoli dari batangnya. Potong-potong kembali menjadi beberapa bagian. Masukkan dalam mangkuk dan cuci.

» Potong dan iris tangkal brokoli:
Batang atau tangkal brokoli yang tebal dan tampak keras itu bisa dimakan lho. Gizinya sama seperti bunganya. Bersihkan setiap daun atau kotoran pada tangkal. Potong bagian bawah tangkal dan iris tipis tangkalnya. Masukkan ke dalam mangkuk yang beda dengan potongan bunga karena tangkal membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak. Jangan lupa dicuci ya.

#1: Blansing
Siapkan mangkuk berisi air es dan letakkan di samping kompor. Didihkan air dalam panci besar agar mendidih lebih cepat. Tambahkan satu sendok makan garam. Tambahkan brokoli dan masak sekitar 1 sampai 1 1/2 menit. Sisihkan dengan saringan, lalu masukkan ke dalam air es. Biarkan air mendidih kembali, kemudian masak tangkal brokoli sekitar 1 1/2 sampai 2 menit. Jika suka sayuran yang lebih empuk, masak lagi selama 30 detik.

#2: Dikukus dalam microwave
Tempatkan brokoli dan tangkal dalam sebuah piring tahan panas. Tuangkan 2 sampai 3 sendok makan air. Tutup dengan piring makan dan panaskan selama 3 sampai 4 menit dengan suhu tinggi. Lalu periksa apakah brokoli sudah empuk. Kalau belum, panaskan lagi selama semenit.

#3: Dikukus di atas kompor
Isi panci dengan sedikit air dan masukkan kukusan di atasnya. Pastikan air nggak menyentuh bagian bawah kukusan. Didihkan di atas api medium-high. Masukkan brokoli dan tangkalnya. Tutup dan kukus selama 4 sampai 5 menit, sampai empuk.

#4 Ditumis
Pastikan brokoli sudah disisihkan hingga kering setelah dicuci. Masukkan minyak untuk menumis di atas api sedang. Masukkan bunga brokoli dan sejumput garam. Aduk rata lalu tambahkan tangkal brokoli 1 menit kemudian. Lanjutkan menumis sambil diaduk, hingga brokoli berwarna hijau cerah dan lembut.

#5 Roasting
Panaskan oven sampai 200 derajat Celcius. Pastikan brokoli sudah disisihkan hingga kering setelah dicuci. Aduk brokoli dan tangkal dengan minyak beberapa sendok teh dan 1/2 sendok teh garam. Letakkan brokoli secara menyebar di atas loyang. Panggang selama 20 hingga 25 menit atau sampai brokoli renyah dan terlihat bintik-bintik cokelat karamel. [][teks @saesherra/unionbeatz.com | foto pixabay.com, unionbeatz.com]