Ubur-ubur, Hewan Mematikan yang Lezat
Kuliner

Ubur-ubur, Hewan Mematikan yang Lezat

by Pohan
Thu, 30-Apr-2015

Ubur-ubur termasuk hewan yang paling mematikan. Hewan ini membutuhkan air agar tetap hidup. Tubuh ubur-ubur ukuran tubuhnya simetris, mulai bagian tengah, bagian atas hingga ujung tentakel.

Ubur-ubur memiliki tubuh bagian atas dan bawah tetapi tidak terdapat perbedaan antara bagian kanan dan kiri. Bentuk tubuh yang seperti ini berbeda dengan jenis hewan lain [seperti mamalia, reptil, ikan, burung, dan arthropoda] yang bertubuh bilateral simetris.

Ubur-ubur memiliki sistem pencernaan yang sederhana dengan hanya satu lubang. Binatang ini memasukkan makanan melalui mulutnya yang terletak di sisi bawah bagian badan yang berbentuk seperti lonceng.

Di negara kita, potensi ubur-ubur cukup besar mengingat Indonesia adalah negara maritim dengan luas perairan laut yang diperkirakan 5,8 juta km2 dengan garis pantai terpanjang di dunia, yaitu sepanjang 81.000 km. Untuk komoditas ubur-ubur, produksi yang dapat dihasilkan diperkirakan berkisar antara 100 sampai dengan 500 ton/bulan.

Ubur-ubur bisa disajikan dengan mencelupkannya ke dalam air. Ini supaya teksturnya lebih lembut, kemudian dipotong memanjang. Ubur-ubur mempunyai tekstur yang renyah dan elastis. Ubur-ubur biasanya dicelup ke dalam minyak wijen, kecap, cuka dan gula. Di Jepang, asinan ubur-ubur disajikan dengan sayuran seperti kol, selada, mentimun, dengan teripang atau telur ikan hering.

Supaya tidak repot, kini ubur-ubur sudah dijual sebagai bahan siap saji. Dapat dijumpai di supermarket besar bersama dengan bumbunya seperti kecap, cuka, dan bahan lainnya. Ubur-ubur asin sebagai bahan pangan biasanya digunakan sebagai campuran dalam penyajian rujak/asinan, salad, mie, dan lain-lain. Produk ubur-ubur juga mengandung kolagen dan dipasarkan terutama untuk pembuatan sup.


Resep Salad Ubur-ubur Wijen untuk 3 porsi

Bahan:
» 350 gram ubur-ubur siap beli, cuci untuk menghilangkan asin, potong-potong
» 1 buah bawang Bombay, potong-potong
» 1 buah cabai merah besar, potong kecil halus
» 2 sendok makan udang kering, haluskan
» 5 batang daun ketumbar, petik daun
» 3 sendok makan chili sauce
» 3 sendok makan air jeruk nipis
» wijen secukupnya, sangrai
» 1 sendok makan kecap ikan
» 1 sendok makan gula pasir

Cara Membuat:
1. Masak air hingga mendidih, masukkan ubur-ubur, masak sebentar. Angkat, tiriskan
2. Campur ubur-ubur dengan bawang bombay, udang kering, cabai merah, cuci sauce, air jeruk nipis, kecap ikan, gula pasir. Aduk rata.
3. Hidangkan dengan taburan wijen sangrai dan daun ketumbar.

Selain dimasak, ubur-ubur juga bermanfaat sebagai obat dan dipercaya dapat menyembuhkan arthritis, tekanan darah tinggi, nyeri punggung, sakit maag, melembutkan kulit, dan meningkatkan sistem pencernaan.

Kolagen yang terkandung pada ubur-ubur berkhasiat meningkatkan kesehatan tubuh karena merupakan bahan yang penting dalam pembentukan jaringan, tulang, tulang rawan, dan untuk pengobatan. [][teks @pohanpow/berbagai sumber | foto dok. flofoodventure.wordpress.com, news.discovery.com]