Tingkat Kematangan Daging
Kuliner

Tingkat Kematangan Daging

by Hagi
Mon, 28-Nov-2016

Bagi penggemar steak, tentu tingkat kematangan daging panggang menjadi salah satu tolak ukur cita rasa saat menyantapnya. Berikut ini adalah perbedaan tingkat kematangan daging panggang yang LINIKINI kumpulkan dari beberapa sumber. Enjoy!

1. Bleu/Raw adalah satu tingkat sebelum rare. Bagian daging yang terpanggang hanya luarnya saja. Tekstur daging seperti gel namun masih alot.

Cara mengukur keempukan: Tekan bagian bawah ibu jari tangan Anda. Kira-kira, tingkat keempukan bleu seperti itu.

2. Rare, tingkat kematangan ini didapat pada suhu panggangan 480C. Yang terpanggang hanya luarnya, dan ¾ bagian di dalamnya masih berwarna merah. Tingkat kematangan ini akan membuat daging menjadi terasa empuk dan juicy.

Cara mengukur keempukan: Pertemukan ujung ibu jari dengan ujung telunjuk. Tekan bagian bawah ibu jari. Empuknya rare seperti itu.

3. Medium Rare, sedikit di atas rare, kondisi daging yang terpanggang hanya setengahnya. Warna daging masih tetap merah dan masih terasa juicy.

Cara mengukur keempukan: Pertemukan ujung ibu jari dengan ujung jari tengah, tekan bagian bawah ibu jari. Medium rare akan terasa seempuk itu.

4. Medium, tekstur daging mulai kering dan lebih keras. Warna kecokelatan dengan sedikit bagian pink di bagian dalam daging. Tingkat kematangan ini membutuhkan kira-kira 8-10 derajat Celcius lebih panas dibandingkan rare. Masih terasa juicy, tapi tinggal sedikit.

Cara mengukur keempukan: Pertemukan ujung ibu jari dengan ujung jari manis, tekan bagian bawah ibu jari. Medium terasa seempuk itu.

5. Medium Well Done, setingkat di atas medium, bagian tengah daging berwarna merah muda hampir matang. Daging tidak lagi terasa juicy. Meski begitu, aroma daging panggang amat kuat dan begitu membangkitkan selera.

6. Well Done, atau matang sempurna. Warna cokelat merata seluruh daging. Serat daging sangat rapat karena lemak dan juicy habis terpanggang.

Cara mengukur keempukan: Pertemukan ujung ibu jari dengan ujung jari kelingking, tekan bagian bawah ibu jari. Empuknya well done seperti itu. [][teks @evaevilia666/berbagai sumber | foto atyourpalate.com, seriouseats.com]