Makanan Terpedas Sedunia
Kuliner

Makanan Terpedas Sedunia

by Hagi
Fri, 05-May-2017

Cabe dan lada adalah penambah citarasa pedas pada masakan. Pedas membuat makanan jadi lebih nikmat. Bukan saja nikmat, pedas juga sering bikin kita ketagihan. Berikut ini daftar hidangan yang patut kita coba.

1. Nuea Pad Prik, kuliner asal Thailand ini berupa potongan daging sapi yang diberi bumbu khusus. Selain bawang merah, bawang putih, dan kemangi, hidangan ini diberi biji cabe segar, sebagai sumber pedasnya.

2. Sichuan Hot Pot, adalah hidangan khas China dan Mongol berupa kaldu panas berisi daging mentah dan sayuran. Yang bikin pedasnya nendang adalah bumbu bawang putih, bawang merah, dan paprika Sichuan.

3. Vindaloo Pork, adalah kuliner khas India yang penuh rempah dengan rasa yang amat kuat. Adalah bangsa Portugis yang pertama membawa hidangan berbahan dasar daging babi dalam rendaman anggur merah ini ke Goa, India. Selain rendaman anggur merah, bumbu rahasianya adalah paprika, bawang putih, plus bumbu kari. ‘Seuhah’-nya hidangan ini diperparah dengan campuran Bhut Jolokia, cabe terpedas di dunia dalam jumlah banyak.

4. Phaal Curry, masih dari India dengan sentuhan Inggris, hidangan ini dikenal sebagai kari terpedas di dunia. Phaal Curry mengandung 10 jenis paprika, termasuk Bhut Jolokia, cabe terpedas di dunia. Sssshhaaaah..

Saking pedasnya, restoran menerbitkan sertifikat bagi pelanggan yang menghabiskan semangkuk penuh.

5. Tom Yum Goong. Sup asam pedas dari Thailand ini masih terkenal sebagai salah satu hidangan terpedas di dunia. Berisi aneka seafood dan daging ayam, tom yum makin sedap karena kuah panasnya juga berisi jahe dan cabe khas Thailand.

6. Shrimp Creole, adalah udang yang dibumbui paprika hijau dan merah, tomat, plus daging ayam. Yang bikin rasanya nendang adalah campuran cabe dan lombok yang ekstra banyak. Whuidiiiiih..

7. Papa a la Huancaina asal Peru adalah hidangan favorit pencinta makanan pedas. Salad ini berisi kentang rebus yang disajikan dingin dalam saus krim Huancaina dengan selada dan buah zaitun hitam. Rahasia pedasnya ada pada cabe Amarillo dalam saus Huancaina-nya.

8. Lo Bok with Sichuan Peppercorns, adalah salad pedas yang populer dari China. Rasanya campuran manis dan renyah, tapi juga super pedas. Thanks to Bird’s Eye Chili yang rasanya amat membakar plus tambahan lada Sichuan. Siapkan minum seember ya.

9. Bibimbap with Kimchi. Tentu semua kenal kuliner dari Korea Selatan ini. Isinya acar sawi, kubis, bawang putih, bawang merah, cabe, dan jahe. Di negaranya, kimchi dibikin di dalam guci tanah liat lalu dikubur sebulan agar si acar berfermentasi. Slurpppp..

10. Suicide Chicken Wings. Siapa nggak suka hidangan favorit chicken wings? Tapi yang satu ini, bakal bikin kita “bunuh diri”. Gimana nggak? Wong, sayap ayamnya direndam dalam saus Tabasco, serpihan cabe, dan bawang cincang untuk hiasan.

11. Jerk Chicken-Caribbean, bukan cuma bikin air liur meleleh, tapi lebih dari itu, bikin air mata menetes. Pasalnya, hidangan asli Karibia ini sarat dengan rempah terbaik seperti cengkih, kayu manis, daun bawang, pala, thyme, dan bawang putih..

12. Wot, adalah hidangan pedas asal Ethiopia yang sangat populer di kalangan orang Afrika. Berisi bawang merah dan bawang putih, Wot juga dibumbui jahe, bubuk cabe ekstra pedas, dan campuran rempah-rempah kering. Uwooowwww!!

13. Otak-otak. Hidangan khas Indonesia, Malaysia, dan Singapore ini pasti tak asing lagi buat kita. Emangnya pedes, gitu? Nah, konon kabar, otak-otak itu aslinya pedas karena adonan ikannya dibubuhi cabe kering, belacan, lengkuas, serta bumbu pedas seperti jahe.

14. Griot with Sauce Ti-Malice adalah kuliner asli Haiti berisi bahu babi yang direndam dalam saus pedas Haiti. Rendaman ini termasuk daging cincang, cabe Habanero, cuka apel, dan acar paprika pedas.

15. Korean Suicide Burrito, diperkenalkan oleh John Snack & Deli di San Francisco, berisi cabe dari China, Mexico, dan Korea.

16. Pad Prik Khing, asal Thailand ini adalah daging babi yang dicampur sayuran dan makanan laut. Yang bikin pedasnya nampol adalah pasta kari Prik Khing yang didominasi jahe cabe, cabe merah kering, terasi, dan rempah lainnya.

17. Kua Kling Phat Tha Lung, adalah kari berisi irisan daging sapi yang dibubuhi serpihan kunyit. Sangat populer di Thailand. Makanan ini kini juga terkenal di Los Angeles dan diakui sebagai hidangan terpedas. Kata mereka yang pernah coba, pedasnya nggak nahanin.

18. Hell Brined Smoked and Grilled Jerk Chicken Wings at East Coast Grill, dikenal dengan sajian dengan enam bom. Berisi daging ayam lengkap dengan saus pedas, saus banana-guava, cabe scotch bonnet, dan mustard serta banyak rempah.

19. Pearl’s Fried Rice, adalah nasi goreng buatan Pearl Cafe di Florissant, Amerika Serikat. Dianggap sebagai hidangan terpedas di dunia. Bumbu ladanya yang amat banyak, serta rempah-rempah bikin makanan ini jadi “jahat”. Dari 400 orang yang coba, cuma 21 orang yang sukses ngabisin.

20. Spicy Tuna Rolls. Sushi asal Jepang ini terkenal amat pedas. Saking pedasnya, di Charleston, Amerika, mereka bikin tantangan. Tantangan itu adalah menghabiskan 10 potong sushi pedas ini. Sampai saat ini, belum ada yang menang.

21. Cau Cau adalah hidangan dengan paprika kuning dari Peru. Ini versi pedas dari kari berisi kentang rebus dan jeroan.

22. Sambel Korek. Yeah, tentu ini asli Indonesia. Terkenal sampai mancanegara dan bikin turis tergila-gila ingin mencicipinya. Rahasia pedasnya ada pada ulekan cabe yang dituang minyak mendidih. Dijamin bakal membakar lidah dan pedasnya nggak hilang-hilang.

23. Kimchi Jjigae, berisi irisan tahu, bawang hijau, bawang putih, jamur, dan cabe merah. Kuliner Korea ini disajikan dalam keadaan sesaat setelah mendidih untuk memberikan pengalaman yang menguras keringat.

24. Huo Guo, merupakan sajian khas China yang dimasak dalam steamboat. Isinya campuran rebusan daging merah, seafood, sayuran, dan tahu. Inti pedasnya terletak pada minyak lada Sichuan, dan tentu saja, panasnya air rebusan bikin keringat kita bercucuran.

25. Sik Sik Wat. Satu lagi hidangan khas Ethiopia yang berisi daging ayam dan daging sapi rebus plus cabe, paprika, kelabat, dan rempah-rempah. Rempah-rempah ini mirip pasta cabe merah yang disajikan di atas pancake spons yang dikenal sebagai Roti Injera.

Well, kalau Anda lantas jadi sakit perut habis menyantap hidangan-hidangan itu, ingatlah, kami sudah pernah memberi peringatan ya.. [][teks @evaevilia666/list25.com | foto cookingthebooks.typepad.com, barbequelovers.com]