10 Dessert Terlezat di Dunia
Kuliner

10 Dessert Terlezat di Dunia

by Sherra
Mon, 18-May-2015

Duh, yang namanya hidangan penutup pasti memanjakan lidah. Yess.. dessert, seperti: kue, pastry, wafel, dan biskuit bisa menggoda yang lagi diet lho. Huumm.. walaupun banyak dessert yang dijual di sini, tetap aja yang dari negara asalnya pasti lebih enyaaak. Nah, berikut adalah dessert terenak di dunia..

1. Tiramisu [Italia]

Sesendok tiramisu bisa bikin kamu jatuh cinta [pada kuenya]! Tiramisu memiliki arti ‘pick me up’ atau ‘lift me up’. Kue ini dibuat dari telur, keju mascarpone [keju krim segar Italia], krim ladyfinger, brendi, gula, rum, dan cokelat parut. Tapi, ada juga yang rasa kopi espresso atau serutan cokelat. Tapi tentu aja, kunci kelezatannya ada di biskuit lady finger.

2. Cheesecake [Amerika Serikat]

Kue lembut satu ini adalah hidangan warisan Eropa dan Amerika. Terbuat dari keju [ricotta atau mascarpone], biskuit, dan buah. Nah, nggak cuma enak dong ya, cheesecake juga sehat. Ah di manapun kamu bisa menikmati kue ini, tapi konon katanya cheesecake di New York adalah yang paling endes.

3. Pavlova [Selandia Baru, Australia]

Ini adalah hidangan nasional negara Selandia Baru dan Australia. Keutamaannya adalah cepat dan mudah dibuat. Kamu bisa menemukan dessert ini di toko manisan atau bisa aja bikin sendiri. Pavlova terdiri dari kue kering yang dibuat dari putih telur, ditambah whipped cream dan buah-buahan segar sebagai topping. Tenang aja, dessert ini rendah kalori, aman buat kamu yang lagi diet.

4. Baklava [Turki]

Kalau mampir ke Turki, jangan sampai melewatkan Baklava. Banyak yang mengira manisan ini adalah hidangan penutup dari Yunani, padahal aslinya adalah dari Turki. Bahan utamanya Baklava versi Yunani adalah madu. Sedangkan Baklava dari Turki berbahan utama sirup yang terbuat dari gula, air, dan jus lemon. Bentuk dan ukurannya beragam, seperti gulungan, persegi, spiral, dan diamond. Terbuat dari lembaran pastry tipis yang dilapisi mentega dilapisi mentega. Isinya? Hazelnut, kenari, pistachio dan kacang-kacangan lainnya.

5. Profiteroles [Prancis]

Nggak cuma soal fashion, tapi Prancis juga menyediakan banyak dessert yahuuud yang bisa bikin kamu galau untuk memilih makanan. Well, croissant emang populer di dunia, tapi profiteroles lah yang paling juara. Mirip dengan kue soes yang disiram dengan saus cokelat, tapi bentuknya lebih kecil dan isinya es krim. Makanan ini benar-benar terkenal di kalangan pencinta dessert dan koki di seluruh dunia.

6. Apple Strudel [Austria]

Kalau dilihat, mungkin kamu berpikir apple strudel adalah pai apel. Kenapa ya dessert ini menjadi hidangan nasional Austria? Nah, Rahasia kelezatannya adalah pastry yang tipis. Isi strudel adalah apel, kayu manis, kismis dan remah-remah roti. Dessert ini disajikan panas dengan satu scoop es krim. Nyuumm..

7. Anmitsu [Jepang]

Banyak dessert asal jepang yang sulit dimakan! Bukan cara memakannya yang sulit, tapi karena Jepang memang terlalu kreatif dalam membuat dessert dengan  tampilan yang lucu dan sayang banget buat disantap. Anmitsu ini adalah dessert paling lezat di Jepang. Bayangin.. isinya terdiri dari kanten [agar-agar jelly yang terbuat dari rumput laut], Anko [pasta kacang azuki yang manis], sirup [mitsu], buah-buahan, es krim dan kacang polong rebus. Semuanya disajikan dengan gula hitam sirup kuromitu. Wah, kalau kamu ke Jepang, nyobain dessert ini hukumnya adalah WAJIB!

8. Kurtoscalacs [Hungaria]

Dessert yang lezat ini bentuknya mirip dengan cerobong asap. Nah, itulah sebabnya manisan ini disebut Chimney Cake atau Stove Cake. Terbuat dari adonan ragi yang digulung dalam gula pasir dan diberi rasa rempah-rempah manis. Kalau sedang mengunjungi Hungaria, kamu akan melihat banyak orang menikmati makanan ini. Nah, jadilah salah satu dari orang-orang itu.

9. Churros [Spanyol]

Yep, orang-orang Spanyol menyantap churros untuk sarapan dan juga untuk camilan sehari-hari. Kamu bisa temukan dessert ini di kafe ataupun di pedagang kaki lima. Makanya, churros adalah salah satu street food di sana. Bentuknya bisa tipis atau tebal. Makanan yang juga disebut ‘a big French fry’ ini disajikan selagi hangat dengan disiram madu atau ditaburi gula. Nyam nyam..

10. Mango sticky rice pudding [Thailand]

Banyaaak banget kuliner aneh di Thailand, tapi hidangan penutup satu ini salah satu yang lezat. Tampilannya sih sederhana, cuma nasi ketan dan buah mangga. Nasi dengan siraman 3 sendok santan plus mangga yang manis menjadikannya perpaduan yang pas. Kamu harus coba! [][teks @saesherra/herbeauty.co | foto herbeauty.co]