Republik Soto [bagian 1]
Kuliner

Republik Soto [bagian 1]

by Yogira
Fri, 22-May-2015

Indonesia kaya akan aneka kuliner. Salah satunya adalah soto. Kita mengenalnya sebagai makanan berkuah, seperti sop yang biasa dibuat dengan kaldu daging dan sayuran.

Ada banyak aneka soto di seluruh Indonesia. Jadi, nggak salah kalau negeri ini layak juga disebut Republik Soto. Cari tahu yuk ada soto apa saja!

Soto Betawi

Soto asal Jakarta  ini terkenal dengan santannya dan susunya yang gurih, dilengkapi dengan irisan daging sapi yang lembut, dan paruh garing.



Soto Lamongan

Berasal dari Jawa Timur. Soto ini satu-satunya yang menggunakan bumbu koya, ditambahkan dengan irisan ayam, telur dan soun.



Soto Banjar

Soto khas Kalimantan ini dibuat dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah, ketupat, perkedel, telur dan juga lontong.



Soto Kudus

Beranjak ke Jawa Tengah, ada soto kudus yang bercitra rasa manis dan gurih, berisi daging ayam atau kerbau, tauge, bawang merah dan putih goreng, kol.



Soto Madura

Berasal dari Madura, soto ini menggunakan babat, usus, paruh sapi yang gurih, soun, tauge, irisan kol, telur rebus, dan ayam. 


[bersambung][teks @angie_bie/berbagai sumber | foto gayahidupku.com/ resepcaramasak.com/ disporbudpar.kalselprov.go.id/ mommychefpungka.com/ sumeneptravel.wordpress.com/sedapindo.com/idewanita.com]