Republik Soto [bagian 2]
Kuliner

Republik Soto [bagian 2]

by Yogira
Fri, 22-May-2015

Indonesia kaya akan aneka kuliner. Salah satunya adalah soto. Kita mengenalnya sebagai makanan berkuah, seperti sop yang biasa dibuat dengan kaldu daging dan sayuran.

Ada banyak aneka soto di seluruh Indonesia. Jadi, nggak salah negeri ini layak juga disebut Republik Soto. Cari tahu yuk ada soto apa saja!


Soto Medan

Soto khas Medan ini disajikan dengan kuah santan dan perkedel kentang yang kaya akan rempah, emping, kentang, telur, tomat, dan bawang goreng merah.


Soto Padang

Soto yang berasal dari racikan Minang ini sangat harum, bihun yang dibanjiri dengan kuah kaldu sapi dicampur dengan cuka dan tidak lupa perkedel.


Soto Bancar

Berasal dari Purbalingga, Jawa Tengah. Soto ini menggunakan bumbu kacang untuk menambah gurih kuah, juga wortel rebus, daun bawang, tauge.


Soto Makassar

Soto khas dari Sulawesi Selatan, biasanya disajikan dengan usus, daging sapi, kuahnya campuran sereh, laos, ketumbar, jinten. Disajikan dengan ketupat.


Soto Bandung

Berasal dari Bandung, soto ini berkuah putih dan ditambah lobak putih yang menjadi ciri khasnya. Sedangkan tomat, seledri, dan kedelai goreng  sebagai tambahan.

Soto Kemiri Pati

Berasal dari Pati, soto ini dibuat tanpa membubuhkan penyedap rasa. Isinya ayam, nasi, tauge lalu diberi kuah.

Begitu banyak soto khas Nusantara. Manakah dari semua itu yang kalian pernah coba? [][teks @angie_bie/berbagai sumber | foto berbagai sumber]