}
Keluarga Dimsum
Kuliner

Keluarga Dimsum

by Hagi
Tue, 12-Dec-2017

Commuters ada yang gemar kuliner khas Negeri Tirai Bambu? Jika ya, maka tentu tak asing lagi dengan Dimsum. Sajian kuliner ini merupakan hidangan ringan yang dulunya diperuntukkan hanya untuk raja-raja. Dimsum terdiri dari beberapa jenis makanan kecil yang disajikan penuh cita rasa. Apa saja yang termasuk di dalamnya? Yuk kita santap satu-satu menu-menu utama dimsum yuk..

#1. Dimsum Har Gow

foto selerasa.com

Har Gow atau sering disebut Hakau, adalah dimsum yang diisi cahahan daging udang dengan sedikit tepung sagu. Cacahan daging ini dibungkus kulit lembut, transparan, dan mengilat, yang terbuat dari adonan tepung tangmien. Rasa udang yang manis gurih dan kulit yang kenyal ditambah saus asam pedas selalu bikin ingin nambah lagi dan lagi.

#2. Dimsum Xiao Long Bao

foto wanderwithwonder.com
Xiao Long Bao hampir mirip Hakau. Bedanya isi Xiao Long Bao terbuat dari cacahan daging ayam dengan kuah kaldu. Kulit Xiao Long Bao terbuat dari kulit pangsit yang lebih tebal daripada kulit Hakau. Seperti klepon, saat melahap Xiao Long Bao, gigitan pertama membuat kuah kaldu muncrat dan lumer di mulut. Nyummm..

#3. Dimsum Fung Zao

foto pinterest.com

Fung Zao atau Phoenix Claws adalah dimsum ceker yang dimasak sedemikian rupa sehingga benar-benar empuk. Agar rasanya mantap, ceker direndam bumbu saus Douchi agar meresap sampai tulang, lalu dimasak dengan cara dikukus. Kulit ceker, tulang muda yang empuk, dan bumbu spesial, selalu sukses bikin penikmatnya terus nambah.

#4. Dimsum Mantao

foto steamboathouse.wordpress.com

Mantao adalah adonan yang dibuat seperti roti tanpa isi. Saat dibelah, teksturnya sangat lembut dan kenyal. Mantao bisa dikukus atau digoreng, dengan cocolan saus asam pedas atau susu kental manis yang nikmat. Lapisan adonan yang renyah dan saat digigit sangat chewy, nggak akan membuat kita berhenti di satu comotan.

#5. Dimsum Char Siu Bao

foto littlefoodiediaries.wordpress.com

Char Siu Bao mirip Mantao, tapi bedanya, dimsum ini ada isinya. Dimsum ini juga sering disebut Bakpao. Bao artinya dikukus. Teksturnya hampir sama seperti roti. Isinya daging yang dicacah dan diberi bumbu. Selain sapi, ayam, ada juga yang berisi cokelat, kacang merah, kacang hijau, dan lainnya.

#6. Dimsum Shaomai

foto slcfoods.com

Shaomai atau Siomay adalah dimsum berisi cacahan daging dicampur sedikit tepung sagu yang terbungkus kulit pangsit. Isi Shaomai terdiri dari adonan daging ikan, udang, ayam, atau campurannya dan kulitnya dibentuk seperti bunga. Sebagai hiasan, ada taburan telur kepiting atau parutan wortel di atasnya. Rasanya wow, mantabbbb.

#7. Dimsum Nuo Mi Ji/Lo Mai Gai

foto dimsumguide.com

Dimsum Lotus Leaf Rice ini adalah nasi ketan yang dikukus dengan jamur, kerang, kepiting, daging, dan potongan kacang. Jika dimsum lain dibungkus dengan kulit sejenis lumpia/pangsit, dimsum ini dibungkus daun lotus. Tujuannya agar nasinya beraroma harum sehingga sulit untuk menolak menyantapnya.

#8. Dimsum Paigu


foto tomostyle.wordpress.com

Dari namanya, dimsum Spare Ribs ini terbuat dari iga sapi/babi dipotong memanjang, dibumbui saus, plus potongan cabai. Agar rasanya khas, salah satu bumbunya adalah saus Douchi yang terbuat dari kacang kedelai hitam yang difermentasi. Spare Ribs dimasak dengan cara dikukus. Hasilnya pedas-pedas empuk. Hmmm, nyam nyam sekali.

#9. Dimsum Niu Rou Wan

foto foodsogoodmall.com

Dimsum Steamed Meatball ini adalah bakso yang terbuat dari daging sapi pilihan yang dibumbui dan dibentuk bola-bola. Daging cincang diuleni dengan tepung sagu dengan bumbu merica, gula, garam, ketumbar, dan minyak wijen. Cara memasaknya direbus dan diberi kuah kaldu sapi. Siapa bisa menolak kenyalnya bola daging yang sedap ini? 

#10. Dimsum Fu Pi Juan

foto aromacookery.com

Jika dimsum lain dibungkus dengan kulit pangsit, lumpia, atau daun, dimsum Tofu Skin Roll ini berselimut kulit tahu. Tekstur kulit tahu yang kenyal dengan isi sayur atau daging ayam, daging sapi, dan jamur. Rasanya manis, gurih, dan bikin kita selalu ingin nambah terus, terus, terus. Diet besok aja ya.

#11. Dimsum Chun Juan