}
Lezatnya Sayuran Panggang
Kuliner

Lezatnya Sayuran Panggang

by Andiska
Fri, 12-Jan-2018

Makan sayuran yang diolah dengan cara mengukus/merebusnya pasti sudah biasa. Sekarang, Commuters bisa coba memanggang sayuran lho.. Selain gampang, proses pengolahan ini bisa memberikan cita rasa baru yang khas pada sayuran. Hmm.. Yummy.

Supaya masak beberapa jenis sayuran punya waktu dan cara memanggang yang berbeda, nah Commuters pastinya mau tau dong cara bikin sayuran panggang? Simak yuk..

Cara Bikin:

1.  Panaskan oven antara suhu 204 sampai 232ºC. Untuk memperoleh kelembutan dan karamelisasi yang baik, sayur perlu dimasak pada suhu yang tinggi.

2. Siapkan sayuran. Cuci menggunakan air dingin, potong dengan ukuran sama rata agar sayur mendapat suhu yang sama di dalam oven.

3. Masukan bumbu. Bahan bumbu: 3-4 siung bawang putih [sudah dikupas], 2 sdm sari lemon, dan beberapa taburan oregano.

4. Percikan minyak ke dalam sayuran. Gunakan minyak zaitun/minyak wijen panggang untuk hasil yang baik. 

5. Siapkan loyang. Pilih loyang logam yang besar dengan sisi yang rendah. Kemudian lapisi dengan aluminium foil.

6. Masukkan sayuran ke dalam loyang. Atur ruang antara tiap potongan sayuran, usahakan agar tidak berdempetan. 

7. Panggang sayuran. Proses memanggang bisanya selama 15 menit hingga 1 jam sesuai dengan jenis sayurannya.

Setelah tau cara memanggang sayuran secara umum, selanjutnya kami mau memberi informasi untuk beberapa sayuran yang harus diperlakukan khusus saat kamu memanggangnya.

# Wortel dan Lobak
Dua sayuran ini sebaiknya dipotong miring dan ukuran 2,5 cm dengan waktu panggangan 30 -40 menit.

# Terong dan Timun 
Lebih baik jika dibuang bagian ujungnya, kemudian potong menjadi lembaran tipis yang panjang dengan ketebalan 1,3 cm. Panggang selama 10-20 menit.

# Brokoli dan Kembang kol
Buang daun dan batang yang keras, kemudian potong bagian bunganya dengan diameter 2,5 – 3,8 cm. Supaya keduanya matang sempurna. Kamu harus memanggangnya selama 15-20 menit.

# Ubi Jalar 
Ubi Jalar harus dipotong dan dipotong tebal berbentuk dadu. Tapi, kamu bisa memotongnya tipis-tipis jika ingin membuatnya renyah. Butuh sekitar 30-45 menit untuk membuatnya matang.

Kalau kamu mau memanggang beberapa jenis sayuran secara bersamaan. Bisa diakali dengan menggunakan timer pada oven untuk mengangkat sayuran yang membutuhkan waktu lebih sedikit. Gimana Commuters? Tertarik mencoba?

[][teks @andiskaraf/ thekitchn.com | foto thekitchn.com]