Dodol-Dodol Kebanggaan Indonesia
Kuliner

Dodol-Dodol Kebanggaan Indonesia

by Hagi
Thu, 28-May-2015

Negara terkaya sedunia bernama Indonesia punya buanyuak sekali khazanah kuliner yang melegenda. Satu di antaranya bernama: dodol

Dodol adalah makanan ringan yang --biasanya-- terbuat dari tepung ketan dicampur gula merah. Warna umumnya hitam, lengket, dan manis [kayak kamu]. Nah, kalo denger kata dodol, maka yang langsung terbayang di otak kita adalah Garut. Tapi nanti dulu, dodol bukan cuma ada di Garut lho.

Lazimnya, bahan utama dodol didapat dari bahan makanan yang berlimpah di satu daerah. Dodol adalah salah satu metode pengawetan hasil bumi itu. Berikut ini adalah daftar dodol-dodol se-Nusantara yang dirangkum tim LINIKINI.

1. Dodol Apel - tentu saja kita bisa langsung menebak asalnya yang dari Malang, Jawa Timur. Rasanya asem manis gitu deh.

2. Dodol Betawi - Si Hitam Manis ini sering muncul saat Lebaran. Asalnya tentu saja dari DKI Jakarta, sebagai teman uli dan wajik. 

3. Dodol Kacang - Bisa ditemui di Garut atau Bali, dodol kacang berbeda dengan nougat ya. Bungkusnya bisa plastik, kertas, atau kulit jagung.

4. Dodol Kandangan - Warnanya hitam, bentuknya kenyal, dan merupakan buah tangan khas dari Kandangan, Kalimantan Selatan.

5. Dodol Kedondong - Buah manggis buah kedondong, jangan nangis, nih cobain dodol kedondong. Asalnya dari Rengat, Riau.

6. Dodol Keladi - Penduduk di Kaimana, Papua terkenal banyak mengonsumsi keladi [talas]. Sebagian mereka bikin jadi dodol. Ini dia.

7. Dodol Markisa - Berasal dari Malino, Sulawesi Selatan, buah yang terkenal bagus untuk pencernaan ini juga nggak mau kalah. Cobain deh. 

8. Dodol Nanas - Bicara nanas, tentu kita nggak langsung ingat Subang. Yup, daerah di Jawa Barat ini terkenal dengan buah berserat tinggi itu. 

9. Dodol Nangka - Tak ingin kalah bersaing, Lombok NTB juga punya dodol. Bahan bakunya buah nangka, yang aromanya kuat itu.

10. Dodol Pisang - Yak, Lampung adalah daerah penghasil pisang yang berlimpah. Nggak habis dibikin keripik dan sale, pisang-pisang ini mereka buat dodol.

11. Dodol Rumput Laut - Yang ini cukup banyak daerah penghasilnya. Sebut saja Bali, Lombok NTB, dan Mamuju Sulawesi Barat.

12. Dodol Sagu - Maluku adalah sentra penghasil sagu terbesar. Selain dibuat makanan utama, sebagian dari hasil bumi itu juga dibikin dodol. 

13. Dodol Salak - Buah yang dalam Bahasa Inggris disebut snake fruit ini juga dijadikan bahan baku dodol di Bali, Madura, dan Tapanuli Sumatera Utara.

14. Dodol Strawberry - Di Ciwidey Bandung Selatan, kita bukan hanya bisa metik sendiri buah stroberi, melainkan juga bisa mencicipi dodolnya.

15. Dodol Susu - Bergeser ke Timur sedikit dari Ciwidey, tepatnya di Pangalengan Jawa Barat, kita bisa menemukan dodol dari susu.

16. Dodol Terong - Meskipun agak aneh, tapi di Purworejo Jawa Tengah, kita bisa merasakan dodol terong. Hummm, rasanya gimana ya? 

17. Gelamai - Warnanya cokelat kehitaman. Rasanya manis. Jangan tertipu namanya. Ini juga dodol khas Padang Sumatera Barat. 

18. Jelinak - Bangka Sumatera Selatan juga punya dodol. Di sana disebut Jelinak. Ada juga yang menyebutnya Gelinak.

19. Jenang - Anda yang asli Kudus Jawa Tengah tentu menantikan ini. Rasanya khas orang Jawa deh pokoknya. Hitam, manis, menggemaskan. 

20. Nian Ghao - Hidangan yang ini banyak muncul di sekitaran Imlek. Yang belum tau, inilah nama asli Kue Keranjang. Banyak diproduksi di Tangerang.

21. Lempok Durian - Aroma dan rasanya yang aduhai, bikin Palembang Sumatera Selatan dan Pontianak Kalimantan Barat kian tenar. Top notch!

22. Madumongso - Mirip jenang, tapi bertekstur agak kasar. Daerah penghasilnya tersebar di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

23. Dodol Ganja - Bukan cuma brownies dan sayur yang berbahan dasar daun berjari lima ini. Yeah, tentu saja camilan bikin fly ini berasal dari Aceh.

24. Dodol Cabe - Sebetulnya, yang ini bukan termasuk dodol. Tapi Bekasi juga pengin terkenal. Mereka bikin pasta sambal lebih kental. Dodol tapi pedes. [][teks @evaevilia/berbagai sumber | foto wikipedia]