}
Hantaran di Hari Raya: Puding Lumut Pandan Cantik
Kuliner

Hantaran di Hari Raya: Puding Lumut Pandan Cantik

by Intern
Sun, 10-Jun-2018

Sampailah kita di penghujung bulan puasa. Seluruh umat Muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri 1439H. Tak lengkap rasanya bila kita tidak menyediakan aneka kue sebagai pelengkap hiasan meja di hari raya kemenangan itu.

Kue-kue kering seperti nastar, lidah kucing, putri salju, dan kue sagu keju seolah menjadi makanan wajib yang harus hadir di setiap rumah. Tidak melulu kue kering, Anda bisa membuat sajian yang berbeda untuk hidangan manis di hari raya. Salah satunya adalah puding.

Puding adalah hidangan penutup yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Saat ini banyak ditemukan berbagai jenis varian dari hidangan penutup ini. Namun, salah satu resep yang menarik untuk di coba adalah puding lumut.

Puding lumut merupakan salah satu kreasi puding yang memiliki tampilan yang cantik dan unik. Ketika pertamakali mendengar namanya, mungkin Anda akan berpikir bahan untuk membuat hidangan penutup ini menggunakan lumut. Namun jangan kuatir, hidangan manis ini sama sekali tidak menggunakan lumut kok.

Dilansir dari laman Jajan Pinggiran, pada dasarnya, puding lumut tak jauh berbeda dengan puding busa. Hanya saja, pada puding lumut, busa yang mengambang tampak seperti tekstur lumut hijau. Warna hijau ini didapatkan dari sari daun suji dan pandan.

Pada dasarnya, cara membuat puding lumut sama dengan puding biasa dan proses pembuatannya juga cukup mudah. Langsung saja simak cara pembuatannya berikut ini:

Bahan:

» 1 bungkus agar-agar bubuk biasa [plain]

» 5 lembar daun suji potong pendek

» 10 lembar daun pandan potong pendek

» 1 butir telur [kocok lepas]

» 100 gr gula pasir [sesuai selera]

» ½ sendok teh garam

» 500 ml santan

» 2 gelas air

Cara Bikin:

1. Ambil daun suji dan daun pandan yang telah di potong pendek. Blender keduanya secara bersamaan dengan 2 gelas air. Apabila sudah halus, saring ampasnya.

2. Siapkan panci untuk memasak bahan-bahan puding. Masukkan agar-agar bubuk, air sari daun pandan dan suji, gula pasir, dan telur yang sudah dikocok. Aduk hingga rata.

3. Masukkan santan dan aduk kembali hingga semuanya rata.

4. Masak seluruh adonan dengan menggunakan api sedang hingga mendidih sambil diaduk-aduk agar adonan tidak gosong.

5. Setelah mendidih, kecilkan api. Jangan diaduk lagi. Di sini akan terlihat gumpalan hijau yang terpisah dari air.

6. Matikan api. Tuangkan puding ke dalam cetakan. Biarkan hingga dingin. Setelah dingin, masukkan ke dalam kulkas. Sajikan.

Puding lumut ini tidak hanya cocok dijadikan sebagai hidangan manis di hari raya. Namun juga dapat digunakan sebagai hantaran kepada seluruh sanak saudara. [][teks @amuspitasari | foto @deskgram , @wanitaindonesiaid]