Rahasia Masak Nasi Goreng Agar Lezat
Kuliner

Rahasia Masak Nasi Goreng Agar Lezat

by Yogira
Fri, 05-Jun-2015

Semua orang tau yang namanya “nasgor” alias nasi goreng. Dari yang versi kaki lima sampai bintang lima ada di mana-mana. Tapi tahukah kesamaan antara semua versi nasi goreng itu yang membuatnya lezat? Ini rahasianya:

Gunakan nasi kemarin. Nasi dingin sisa kemarin biasanya sudah mengeras dan kering. Memudahkan kita untuk memasaknya dan nggak mungkin jadi 'benyek' seperti nasi yang mengandung banyak air.

Gunakan nasi jenis pera yang tidak menempel satu sama lain ketika digoreng. Hindari nasi yang pulen.

Panaskanlah penggorengan terlebih dahulu. Biasanya kompor di rumah makan memang mempunyai panas yang lebih jika dibanding kompor rumahan. Jadi, jangan lupa untuk memanaskan wajannya terlebih dahulu sebelum memasak ya.

Gunakan penggorengan terbesar yang ada dan jangan terlalu banyak isinya. Idealnya, kita menggoreng untuk 1 – 2 orang. Lebih dari itu penggorengan menjadi kurang panas dan nasi jadi tergoreng tak sempurna.

Beri bumbu seperti oyster sauce atau kecap kedelai dan sedikit garam. Tambahkan bumbu sedikit-sedikit sampai pas. Bumbu yang terlalu banyak akan bikin nasi jadi basah. Gagal deh jadinya Anda bikin nasi goreng yang lezat. [][teks @dd_sarwono | foto eatingcoventgarden.com/kuali.com]