}
Si Hijau Kue Lumpang, Cemilan Untuk Diet
Kuliner

Si Hijau Kue Lumpang, Cemilan Untuk Diet

by Intern
Sun, 15-Jul-2018

Commuters, akhir pekan merupakan waktu untuk berkumpul bersama seluruh keluarga. Tak lengkap rasanya tanpa ditemani camilan. Kira-kira makanan apa ya yang cocok untuk dijadikan camilan di akhir pekan? LINIKINI punya resep camilan kue yang wajib banget untuk kalian coba nih. Namanya kue lumpang atau biasa disebut dengan kue ijo.

Lumpang merupakan satu dari ratusan jenis kue tradisional Indonesia yang berasal dari Palembang. Kue ini memiliki tekstur yang basah, lembut, dan manis. Bahan utama dalam pembuatan kue ini adalah tepung beras. Kue lumpang sendiri memiliki 3 varian warna, yaitu hijau, putih, dan coklat. Ketiga warna itu berasal dari bahan dasar yang digunakan. Lumpang hijau berasal dari sari daun pandan, warna putih dari gula, sedangkan cokelat berbahan dasar gula merah.

Kue ini memiliki tampilan cekung pada bagian atasnya. Bagian cekung tersebut merupakan tempat untuk memberikan taburan parutan kelapa sebagai penghias dan penambah rasa gurih kue lumpang.

Dilansir dari laman journalculinary.com, kue lumpang menyimpan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam 100 gram tepung beras, terdapat 7 gram protein dan 80 gram karbohidrat. Selain itu, serat yang ada dalam tepung beras dapat menyerap air, cocok untuk Commuters yang sedang menjalani program diet.

Untuk membuat kue lumpang ini cukup mudah. Bahan-bahan pembuatnya dapat kalian temukan dengan mudah di sekitar rumah maupun di swalayan. Selain itu, kalian juga bisa membuatnya di rumah bersama anggota keluarga yang lain. Melansir dari akun instagram milik @xanderskitchen, berikut cara membuat membuat kue lumpang:

Bahan:

» 100gr tepung sagu

» 25gr tepung beras

» 50ml sari daun pandan/suji

» 200ml santan

» 100gr gula pasir

» Kelapa parut setengah tua

» Minyak goreng

Cara Bikin:

1. Campur semua bahan utama seperti tepung beras, tepung sagu, gula, dan garam secukupnya dalam satu wadah.

2. Diaduk perlahan sampai tercampur rata. Kemudian tambahkan santan ke dalamnya sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai merata.

3. Tambahkan sari daun pandan ditambahkan juga ke dalam adonan hingga rata.

4. Diamkan adonan sebentar sambil siapkan tempat untuk mengukus kue.

5. Oleskan cetakan dengan minyak goreng terlebih dahulu.

6. Setelah diolesi minyak goreng, tuangkan adonan ke dalam cetakan.

7. Kukus adonan menggunakan api sedang hingga matang selama sekitar 25 menit.

8. Setelah kue matang, lepaskan kue lumpang dari cetakan dalam keadaan hangat.

9. Taburkan kue lumpang dengan parutan kelapa kukus yang telah dicampur dengan garam.

Kue siap disajikan. [][teks @amuspitasari | foto florencehomecooking.wordpress.com & finrecipe.com]