}
KitKat Jepang, Cemilan Manis Dengan 300 Varian Rasa Unik
Kuliner

KitKat Jepang, Cemilan Manis Dengan 300 Varian Rasa Unik

by Intern
Tue, 24-Jul-2018

Commuters, siapa tak kenal produk Kitkat? Camilan wafer cokelat asal Inggris itu pertamakali dibuat oleh Rowntree yang kemudian diakuisisi oleh perusahaan makananan asal Swiss, Nestlé. Produk yang memiliki slogan “Ada Break, Ada KitKat” itu saat ini telah diproduksi di 20 negara termasuk Jepang.

Dilansir CNN Travel, lebih dari 300 varian rasa KitKat telah terjual sejak kudapan ini diperkenalkan di Jepang. Perusahaan KitKat Jepang juga kerap membuat rasa Kitkat yang tidak bisa. Sebut saja wasabi, teh hijau, cuka lemon, dan ubi merupakan beberapa rasa ‘tidak biasa’ yang pernah dibuat oleh KitKat Jepang.

Formula Kemenangan

Tak disangka, KitKat bisa meraih sukses di Jepang. Pasalnya, Jepang merupakan pasar yang sulit bagi merek-merek yang berasal dari luar negaranya atau non domestik. Lantas, bagaimana KitKat dapat terkenal sampai saat ini?

Hal ini berkat ide-ide cemerlang dan kerja keras para ahli pemasaran KitKat di wilayah Kobe, Jepang. Para ahli pemasaran itu menggunakan permainan bahasa sebagai salah satu cara untuk memasarkan produk KitKat di seluruh Jepang. Kata “KitKat” terdengar sangat mirip dengan “kito kato” yang dalam bahasa Jepang berarti “pasti menang”.


Ini adalah ungkapan yang biasa digunkaan bagi para siswa ketika sedang mengikuti ujian. Para orangtua memberikan KitKat dengan pesan yang ditulis tangan sebagai ungkapan semangat bagi anak mereka ketika sedang mengikuti ujian. 

"Ada ikatan emosional kuat yang terjadi untuk memberikan hadiah," kata Ryoji Maki, manajer pemasaran KitKat Jepang.

Sensasi Rasa Berbeda

Tidak sampai tahun 2000-an, KitKat Jepang mulai melebarkan sayapnya dengan mengembangkan berbagai varian rasa. Hal tersebut terjadi lantaran konsumen di Jepang selalu menuntut akan adanya rasa baru. Menurut Maki, sekitar 2.000 produk KitKat baru dirilis setiap tahun di Jepang.

Bahan-bahan untuk membuat KitKat juga berasal dari daerah di seluruh penjuru Jepang. Prefektur Shizuoka menyediakan wasabi, sedangkan Okinawa memasok ubi ungu dan teh hijau atau matcha. Rasa unik lainnya adalah sakura [bunga sakura] dan sake non-alkohol.

Hampir 1,5 miliar KitKat diproduksi dan dikonsumsi di Jepang setiap tahun, membuatnya menjadi salah satu camilan cokelat terlaris di negara ini. [][teks @amuspitasari | foto @CNN & allaboutjapan.com]