Mengapa Momofoku Ando Ciptakan Mie Instan?
Kuliner

Mengapa Momofoku Ando Ciptakan Mie Instan?

by Pandu
Fri, 12-Jun-2015

Ketika isi dompet lagi cekak, mie instan jadi pilihan. Nggak perlu lagi cekak, pas cuaca lagi dingin habis hujan, mie instan pakai telur rebus. Beuh mantep! Tinggal pilih rasa sesuai selera, mie goreng atau rebus, sama-sama enak.

Dari segala kontroversi tentang kandungan pada mie instan, makanan kreasi Momofoku Ando dianggap sebagai penemuan terpenting abad ini lho. Sang kreator menciptakan makan ini akibat keadaan darurat setelah Jepang kena bom atom.

Saat itu, Ando tidak mengerti, kenapa Jepang harus bergantung pada Amerika untuk kebutuhan pangan. Ketika itu masyarakat Jepang diminta untuk memakan roti, ketimbang mie. Padahal mereka lebih familiar dengan mie ketimbang roti.

Lalu Ando mulai berusaha menciptakan mie yang lebih tahan lama ketimbang roti. Menginjak usia 48 tahun, setelah menjalani sejumlah kegagalan percobaan, pada tahun 1958, Ando resmi meluncurkan produk mie instan.

Pada tahun awalnya, mie instan termasuk makanan mewah. Dijual seharga ¥30 dengan dua rasa tradisional khas Jepang, Soba dan Udon.

Dari dulu hingga sekarang pun bentuknya tidak berubah. Masih kotak dan dibuat dengan cara digoreng dalam minyak yang super panas. Mie instan dalam cup pun juga hasil kreasi Momofoku Ando lho. World Instant Noodles Association mencatat bahwa sudah ada 98 milliar produk mie instan yang tersaji sejak 1958-2009. Edan!

Dalam benak Ando ia cuma berpikir, ”Dunia akan damai jika semua perut telah terisi.” Itu sebabnya ia bersikeras menciptakan mie instan. [][teks @HaabibOnta | foto iheartpadang.wordpress, biografionline.it]