Lezatnya Menu Ta’jil Buka Puasa
Kuliner

Lezatnya Menu Ta’jil Buka Puasa

by Yogira
Wed, 24-Jun-2015

Hmmm..Nikmatnya ya kalau kita buka puasa dengan pilihan menu ta’jil. Mana yangpaling lezat?

Kolak Biji Salak

foto etnikkuliner.blogspot.com

Biasanya dibuat dari perpaduan tepung dan ubi jalar. Setelah diolah, bentuk dan warnanya mirip biji salak. Disajikan dengan santan kelapa, kolak biji salak tak perlu digerus, tapi akan lumer sendiri di mulut.

Jejongkong

foto wikiresep.com

Ta’jil khas Lampung ini mirip kolak. Bedanya, jojongkong berisi adonan tepung beras, tepung ketan, dan tepung kanji dengan pewarna dan perasa dari daun pandan.

Colenak

foto bisnix2.blogspot.com

Dicocol, enak. Memang begitulah cara makan jajanan colenak ini. Tape bakar disajikan dengan saus manis sebagai cocolan. Colenak dapat dibeli di daerah Bandung dan sekitarnya.

Es Goyobod

foto news.klikgarut.com

Produk Garut ini rasanya  sama uniknya dengan namanya. Es ini berisi adonan hunkue [semacam tepung kanji] kenyal unik dan isiannya hampir sama dengan es campur

Degan Bakar Sulfat

foto gammacute.wordpress.com

Penyajiannya dibakar sampai mendidih selama 3-4 jam. Degan ini baru bisa dinikmati setelah kulitnya dibersihkan dari sisa pembakaran. Mengapa “Sulfat”? Karena asalnya dari daerah Sulfat, Malang.

Kolak Ayam

foto infogresik.info

Warga Gumeno, Gresik mencampurkan ayam dan irisan daun bawang sebagai isian kuah manis kolak. Proses masaknya pun jadi ritual tersendiri karena salah satu tradisi yang diturunkan oleh Sunan Giri.

Bubur Lemu

foto mignonesia.blogspot.com

Nama yang unik untuk bubur tepung beras berkuah saus gula merah dan santan. Kemungkinan, disebut “lemu” karena secara tampilan, tepung beras tadi tampak seperti gelambir perut yang gendut.

Bubur Kampiun

foto cookpad.com

Bubur khas Minang, campuran kolak pisang, bubur candil, bubur sumsum dan ketan hitam. Mungkin itu jadi alasan penamaan nama bubur ini “kampiun” [pemenang] karena isinya memang istimewa.

Es Palu Butung

foto resepnasidansambal.blogspot.com

Inilah minuman khas Makasar yang cukup populer. Isinya pisang dan bubur putih plus sirup merah dan susu. Minuman ini akan cukup mengisi perut yang kosong seharian. Sangat cocok untuk melepas dahaga. [][teks @dd_sarwono/berbagai sumber | foto kabardunia.com/ esepnasidansambal.blogspot.com/berbagai sumber]