Ikan Hias Air Tawar Termahal
Lifestyle

Ikan Hias Air Tawar Termahal

by Sherra
Thu, 26-Mar-2015

Ikan-ikan hias pasti berarti banget buat para pencintanya, apalagi yang hobi koleksi di rumah. Selain jadi pemandangan yang berbeda, ikan hias juga jadi hiburan juga. Nah, di bawah ini adalah ikan-ikan yang tergolong murah-murah-mahal nih. Kamu punya yang mana?

Ikan Crowntail
Ikan yang memiliki sirip unik seperti kipas yang robek ini termasuk jenis ikan cupang yang diperlombakan untuk kontes keindahan. Di Indonesia, ikan ini dikenal dengan nama cupang serit dan dijual mulai dari harga Rp 15ribu. Ternyata, ini adalah ikan asli hasil persilangan di Indonesia. Wow…

Ikan Mas Koki
Salah satu ikan yang menggemaskan dengan badannya yang bulat dan gaya berenang yang lucu ini adalah daya tarik dari ikan mas koki. Ikan berwarna emas ini berharga sekitar Rp 20ribu. Banyak banget jenis ikan mas koki karena hasil dari perkawinan silang. Di China dan Jepang, ikan ini juga dipercaya membawa keberuntungan bagi pemiliknya lho..

Ikan Neon Tetra
Iklan ini berasal dari sungai blackwater atau clearwater di Tenggara Kolombia, Peru Timur, dan Brasil Barat. Harga ikan ini bervariasi, untuk ukuran 0.8 cm [usia 40 hari] harganya berkisara Rp 150 per ekor. Sedikit mirip dengan ikan cardinal tetra, tapi bedanya hanya di garis merah neon tetra yang hanya berada di setengah badan sampai ekor.

Ikan Discuss

Ikan yang berasal dari lembah Sungai Amazon ini banyak dipelihara sebagai ikan hias di Asia karena bentuk dan warna sisiknya Indah. Harganya juga mahal lho, ukuran 7,5cm aja harganya Rp 80-100ribu per ekornya.  

Ikan Oscar
Walaupun harganya cukup merogoh kocek sebesar Rp 100ribu hingga 250ribu, ikan Oscar populer di kalangan pencinta hewan air. Ada banyak varietas ikan Oscar hasil dari perkawinan silang. Tapi, ikan bewarna kuning kemerahan ini harus hidup sendiri di aquarium karena karena dikenal galak dengan ikan lain.

Ikan Lou Han
Iklan dengan benjolan di bagian kepala ini memiliki keindahan warna dan pola sisik yang unik. Dikenal dengan nama Flowerhorn [Bahasa Inggris] ini bisa berharga Rp 40 juta per ekornya. Wow! Jenis Lou Han ini terbagi menjadi tiga varietas yaitu Golden Base, Cecu, dan SRD.

Ikan Koi
Ikan dari negeri China ini temannya ikan mas yang dianggap sebagai ikan pembawa keberuntungan. Selain ikan yang cantik dan sehat, Koi punya nilai jual tinggi, berkisar Rp 5juta – 7juta per ekor untuk ukuran 30-40cm.

Ikan Arwana
Wah, ini adalah ikan hias termahal karena populasinya terancam punah. Bayangin aja, seekor ikan Arwana jenis Super Red Albino terjual dengan harga Rp 1 Milyar di Indonesia Pets Plants Aquatic Expo [IPPAE] tahun 2010! Ikan yang dapat ditemukan di kawasan Asia Tenggara ini disebut juga ikan naga karena bentuknya seperti naga dan memiliki daya fisik yang kuat.

Wah, tentunya kalau punya salah satu ikan di atas pasti harus dijaga baik-baik, jangan sampai dimangsa kucing atau mati kena penyakit.. [][teks @saesherra/ berbagai sumber | foto freeimages.com]