Ikan Hias Air Laut Terindah
Lifestyle

Ikan Hias Air Laut Terindah

by Sherra
Wed, 01-Apr-2015

Bagi sebagian orang, mengoleksi ikan hias adalah hal yang menyenangkan, meski harganya menguras kocek. Tapi kalau ikannya unik dan lucu seperti beberapa ikan berikut, mungkin wajar yah..

Ikan Mandarin
Ikan bercorak unik dengan warna-warna cerah ini berasal dari Samudera Pasifik dan bisa berharga Rp. 200ribu seekor. Selain makanannya susah dicari, ikan mandarin juga susah beradaptasi dengan lingkungan baru. Hingga kini, ikan mandarin menjadi buruan pemilik akuarium laut, fotografer, dan penyelam di seluruh dunia.

Ikan Lepu Ayam
Ikan dengan pola tubuh bergaris putih dan merah ini disebut juga Red Lion Fish. Di balik keunikan bentuk tubuhnya, ikan berwarna cerah ini menyimpan duri beracun pada sirip punggungnya. Walaupun beracun, ikan lepu ayam tetap menjadi buruan untuk dijual sebagai ikan hias dengan harga ratusan ribu.

Moorish Idol
Ikan ini sempat tampil bareng dengan iklan badut dalam film Finding Nemo. Bentuk, warna, dan ukurannya yang keren, ikan ini jadi primadona bagi para pencinta ikan hias. Ikan berwarna kuning muda dan hitam ini tidak bisa dipelihara di dalam akuarium standar. Harganya pun  fantastis.

Ikan Coral Beauty
Ikan ini dinamai juga Angel Kennedy.  Coral beauty cocok untuk dipelihara karena mudah perawatan dan makanannya. Perpaduan warna biru dongker dan oranye pada kulitnya bikin sedap dipandang mata.

Ikan Angel
Ikan kecil bercorak unik ini mahal lho harganya, sekitar 500-700ribu. Mirip dengan ikan coral beauty, namun memiliki sifat yang berbeda. Ikan ini disebut juga Flame Angel.

Ikan Regal Tang
Ini juga salah satu sahabat dari ikan badut di film Finding Nemo. Regal tang berwarna biru dengan ekor kuning. Dia punya pisau kecil untuk melindungi dirinya dari predator.

Parrotfish
Parrotfish bermulut mirip  burung dan digunakan untuk menghancurkan sekaligus menyantap invertebrata kecil yang hidup di karang. Mereka memakan bebatuan koral atau pasir-pasir laut secara utuh, lalu mengunyah invertebrata yang ada di dalamnya dan membuang sisanya. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto freeimages]