Siap Sedia Alat Jahit di Rumah
Lifestyle

Siap Sedia Alat Jahit di Rumah

by Sherra
Wed, 08-Apr-2015

Pas mau pakai baju atau celana kesayangan tapi ternyata kamu lupa ada bagian yang robek, bolong, atau kancingnya hilang. Waduuh.. nggak mungkin 'kan kalau harus ke tukang jahit dulu. Nah, mendingan kamu siapin beberapa alat jahit berikut nih di rumah..

Jarum
Jarum jahit ada berbagai macam ukuran, tergantung bahan apa yang mau Anda jahit. Untuk bahan yang halus dan ringan, tentunya menggunakan jarum yang kecil saja, begitupun sebaliknya.

Benang
Sama seperti jarum, sesuaikan benang dengan kain yang akan dijahit. Sebaiknya Anda siapkan stok benang berwarna netral seperti hitam, putih, abu-abu, dan krem.

Jarum Threader/Mata Nenek
Susah buat masukin benang ke jarum? Tenang, Anda bisa gunakan mata nenek. Bukan arti sesungguhnya, ini adalah alat untuk memasukkan benang ke jarum sehingga Anda tidak perlu menyipitkan mata saat Anda benang jarum.

Jarum Pentul dan bantalannya
Biasanya jarum pentul digunakan setelah membentuk pola jahitan agar nggak berubah dan biar nggak berceceran, tempatkan jarum dengan bantalan.

Kancing
Nah sediakan juga kancing berbagai macam bentuk dan warna. Di saat kancing baju atau celana copot, Anda nggak perlu bingung lagi. Biasanya kancing cadangan juga ada di balik baju Anda.

Gunting
Ada beberapa jenis gunting jahit. Masing-masing gunting seharusnya digunakan sesuai dengan fungsinya untuk menjaga ketajaman gunting.

Pensil Jahit
Biasanya pensil jahit terdiri dari dua warna, warna merah dan biru. Warna merah digunakan untuk memberi tanda pola bahan bagian depan, sedangkan warna biru untuk tanda pola bahan bagian belakang. 

Bidal Jahit atau Tudung Jari
Ini adalah alat berbentuk seperti cangkir logam kecil yang dipakai pada ujung jari. Fungsinya adalah untuk melindungi ujung jari agar tidak sakit saat menekan jarum, walaupun jarang digunakan saat menjahit bahan yang sederhana.

Pita Pengukur/Meteran
Meteran digunakan untuk mengukur ukuran badan yang terbuat dari plastik lentur tipis, biasanya dalam satuan centimeter berukuran 150 cm.

Pendedel Benang
Alat kecil berbentuk seperti garpu dengan jarum dan pisau ini berfungsi untuk memotong dan melepaskan benang dari bahan kain yang biasanya sudah dijahit dengan mesin.

Kapur Penjahit
Alat ini digunakan untuk memberi tanda pola pada kain yang terbuat dari semacam lilin berbentuk lempengan dengan warna yang beragam. Bekasnya akan hilang kalau kain dicuci.

Penggaris
Penggaris yang biasa digunakan biasanya terdiri dari 3 macam dengan fungsi masing-masing, yaitu penggaris lengkung, penggaris siku, dan penggaris panjang. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto crafthubs/sailrite]