Lima Kopi Termahal di Dunia
Lifestyle

Lima Kopi Termahal di Dunia

by Pandu
Mon, 15-Feb-2016

Kopi adalah hasil perkebunan yang berharga tinggi di pasar dunia, seperti halnya teh dan cokelat. Dulu, VOC dan Portugal yang pertama kali memperkenalkan kopi untuk ditumbuhi di Nusantara karena iklim yang pas. Sekarang tiap pulau besar punya penghasil biji kopi sendiri, dari Gayo sampai Wamena.

Dari sekian banyak penghasil kopi di dunia, ada 5 yang termahal. Salah satunya kopi dari Indonesia lho.

1. Fazenda Santa Ines [Brasil]

$50/500 gram

Untuk menyirami pohon kopi, perkebunan di sini memakai air terjun. Tradisi adalah segalanya bagi Fazenda Santa Ines untuk menghasilkan biji kopi terbaik.

2. Molokai Coffee [Hawaii]

$51/500 gram
Satu-satunya daerah penghasil kopi untuk USA dan tidak mengecewakan rasanya. Rasa kopinya agak asam dengan wangi yang unik. Jika ingin pesan lewat online hati-hati tertipu banyak yang palsu.

3. St. Helena Coffee [St. Helena]

$79/500 gram

Perusahaan kopi ini dulu dimiliki Napoleon Bonaparte. Setelah melewati ratusan tahun pun biji kopi dari St. Helena tetap tidak berubah. Kopi dari St. Helena terkenal karena wanginya dan rasa yang asam.

4. Kopi Luwak [Indonesia]

$160/500 gram

Kopi luwak dihargai mahal jika memang biji itu dari luwak liar. Rasanya lebih nikmat dan mantap. Namun sekarang, banyak luwak yang dipelihara oleh pekebun kopi.

5. Hacienda La Esmeralda [Panama]

$350.25/500 gram

Sebanyak 13 kali dinobatkan sebagai kopi terbaik sejak tahun 2014. Tumbuh di gunung baru dan dibawah bayang-bayang pohon jambu biji. Kopi ini mahal karena kualitasnya yang baik dan jumlah yang sedikit. Jadi, panennya terbatas tiap tahunnya. [][teks @HaabibOnta | sumber & foto berbagai media]