7 Minuman Pengganti Kopi
Lifestyle

7 Minuman Pengganti Kopi

by Pandu
Fri, 04-Mar-2016

Kopi sama kayak rokok. Bikin kecanduan. Kopi mengandung kafein. Penikmatnya mengira, rokok dan kopi membawa manfaat bagi tubuh. Membuat pikiran lebih cerah. Juga bikin mata melek.

Percaya atau nggak, sesuatu yang bikin kecanduan itu kurang bagus karena tubuh akan terus meminta. Kopi, rokok, narkoba sama kayak gula. Bikin adiktif. Secangkir kopi berefek selama 7 tujuh jam bagi tubuh. Kalau dalam 7 jam minum 3 cangkir, berarti efeknya 21 jam. Wow!

Yang kita bicarakan di sini kopi betulan ya, bukan kopi sachet yang separuhnya ditambahi serbuk jagung supaya gurih. Jika ingin berhenti ngopi, coba cari miuman pengganti lainnya. Cobain aja satu dari tujuh minuman ini, siapa tahu cocok.

1. Teecino

Sekilas mirip banget kopi karena bentuk dan rasanya juga tidak jauh beda. Tapi teecino tidak terbuat dari biji kopi, tetapi gandum, kacang ramon dan carob. Teecino tidak mengandung kafein dan asam.

2. Dandy Blend

Semacam kopi herbal yang terbuat dari akar bunga dandelion. Kalau baru pertama kali mencoba, rasanya pasti aneh. Makin enak bila ditambahkan susu segar. Minuman  bebas dari gluten.

3. Matcha Green Tea

Di antara yang lain, matcha green tea masih mengandung kafein dengan kadar yang lebih enteng ketimbang kopi. Soal rasa, nggak perlu ditanya. Bikin nagih!

4. Vanilla

Secangkir vanilla panas  pagi hari juga asyik untuk gantiin kopi. Wangi, enteng dan segar. Nggak melukai perut kalau pun belum makan. Ditambah kayu manis makin enak. Cobain deh.

5. Cokelat Panas

Oke, kalau belum bisa move on dari kopi juga, coba cokelat panas yang sama gurihnya. Nggak perlu ditambahi gula, biar ada pahit-pahit dikit seperti kopi. Asyik diminum saat sore mendung atau ketika pagi.

6. Infused Water

Gunanya untuk detoksifikasi tubuh. Jadi, kalau ada efek samping setelah minum ini, itu berarti racun dalam tubuh sedang dikeluarkan. Jangan menyerah, terus minum infused water.

7. Air Putih

Yang terbaik dari yang paling baik, air putih. Nggak ada yang bisa mengalahkan khasiatnya. sekalipun kopi. Jika tubuh nagih kopi, minum saja air putih sampai kembung. [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto doubletherecipe]