Makanan Peningkat Stamina
Lifestyle

Makanan Peningkat Stamina

by Sherra
Tue, 10-May-2016

Selepas liburan, mungkin pikiran Anda akan terasa lebih segar. Sekarang udah saatnya Anda kembali beraktivitas. Supaya badan juga tetap bugar dan berstamina, sebaiknya konsumsi makanan berikut ini.

1. Buah Delima
Delima atau pomegranates tinggi akan polifenol terbukti mengurangi nyeri otot dan peradangan hingga 10%.

2. Selai Kacang
Makan 2 sdm selai kacang sebelum olahraga. Kandungan lemak baiknya elindungi jantung dan juga memberi energi untuk jangka waktu lama karena dicerna perlahan. Kandungan tirosinnya pun mengeluarkan dopamin ekstra untuk meningkatkan fokus.

3. Buah Bit
Buah bit dapat memicu pelepasan oksida nitrat untuk mengatur aliran darah. Buah bit disebut juga 'pembunuh kelelahan'. Konsumsilah segelas penuh jus bit sebelum berolahraga untuk memperpanjang durasi latihan fisik.

4. Pisang
Selain memiliki kombinasi serat dan fruktosa alami, pisang bermanfaat sebagai penambah stamina instant selayaknya minuman berenergi. Hayo, pilih yang berbahan kimia atau yang alami?

5. Jus Jeruk
Segelas jus jeruk yang kaya vitamin C bisa meningkatkan jumlah zat besi dan oksigen.

6. Anggur Merah
Memiliki kandungan gula alami yang dapat diubah menjadi energi instan. Anggur juga mengandung bahan kimia, resveratol yang membantu membangun stamina dalam jangka panjang.

7. Oatmeal dan Beras Merah
Makanan berkarbohidrat kompleks ini membuat perut kenyang untuk waktu yang lama dan memberi energi selama berjam-jam.

8. Kafein
Kafein adalah stimulan instan. Secangkir kopi panas bisa mengembalikan energi otak dan meningkatkan rasa waspada. Namun, kafein dalam jumlah besar justru berbahaya.

9. Teh Hijau
Sama seperti kafein, teh hijau juga merupakan stimulan otak. Ini pilihan yang lebih sehat karena teh hijau memiliki antioksidan yang membersihkan sistem tubuh dan menjauhkan dari kelelahan.

10. Sayuran Hijau
Selain banyak serat dan sayuran hijau juga kaya akan vitamin C yang merupakan nutrisi peningkat energi.

11. Apel
Zat besi pada apel meningkatkan jumlah hemoglobin darah dan mengembalikan energi lebih cepat.

12. Labu
Labu berkontribusi untuk kesehatan tubuh. Memiliki rendah kalori tetapi tetap mengenyangkan perut dan mengontrol hormon yang membuat tubuh merasa lebih bugar dan energik.

13. Air
Tentu, air membuat tubuh terhidrasi dan bugar. Air juga meluruhkan racun dari tubuh. Minumlah cukup air agar terhindar dari dehidrasi. [][teks @saesherra/menshealth.co.uk, boldsky.com | foto boldsky.com]