Warna-warni Ikan Koi
Lifestyle

Warna-warni Ikan Koi

by Sherra
Tue, 21-Apr-2015

Selain karena warnanya yang cerah dan beragam, ikan koi atau ikan mas koi adalah jenis ikan yang biasanya dipelihara di kolam sebagai simbol keberuntungan di dalam atau luar rumah. Karena warna dan coraknya terlihat di punggung, jadi ikan koi paling indah kalau dilihat dari atas.

Koi dibedakan dari corak, warna, dan ukurannya. Kalau dari unsur warnanya berasal dari warna merah, oranye, putih, hitam, kuning, biru, dan silver. Tapi, gimana cara bedainnya ya? Well, simak aja, di bawah ini adalah beberapa jenis ikan koi.

1. Kohaku
Koi jenis kohaku adalah jenis tertua dan paling terkenal. Koi ini berwarna dasar putih dan dipadukan dengan warna merah yang dihasilkan dari persilangan antara koi merah dan putih.

2. Taisho Sanke [Sanke]
Mirip Kohaku, tapi Sanke memiliki sedikit tambahan corak berwarna hitam. Ada 10 jenis lainnya dari Koi Sanke, yakni: Aka Sanke, Fuji Sanke, Doitsu Aka Sanke, Koromo Sanke, Kanoko Sanke, Sanke Susui, Kinginrin Sanke, Tancho Sanke, Inazuma Sanke, dan Tsubaki Sanke.

3. Showa Sanshoku [Showa]
Mungkin jenis ini akan membingungkan. Maklum, Showa Sanke, sama-sama bercorak merah, putih, dan hitam. Tapi, jangan kuatir, kalau diperhatikan, jenis Showa tidak persis sama seperti Sanke. Ikan ini lebih banyak corak hitam yang bisa sampai bagian kepala. Showa memiliki 7 jenis lainnya, seperti Boke Showa, Hi Showa, Kindai Showa, Inazuma Kindai Showa, Ginrin Showa, Kin Showa, Doitsu Showa.

4. Tancho
Jenis koi ini sangat terkenal karena coraknya bikin orang inget dengan bendera Jepang. Koi Tancho dikatakan berkualitas bagus kalau bulatan merahnya sempurna dan tidak melebar ke bagian matanya. Selain itu, dinamakan Tancho kalau tidak ada bercak merah lain di bagian badannya.

5. Utsurimono
Dalam bahasa Jepang, Utsuri berarti hitam. Tentu aja, koi jenis ini memiliki warna dasar tubuh hitam. Nah, bercaknya ada yang berwarna putih [Shiro Utsuri], merah [Hi Utsuri], dan kuning [Ki Utsuri]. Jenis ini pertama kali ditemukan oleh Mr. Kazuo Minemura.

6. Asagi
Jeni koi berwarna biru [biru tua hingga biru cerah] dan terdapat sisik putih pucat. Kalau dilihat, sisiknya berbentuk kotak yang tersusun rapi. Warna merahnya ada pada kedua pipi, perut dan siripnya.

7. Shusui
Masih satu jenis dari Asagi, tapi jenis Shusui memiliki bercak biru atau hitam yang memanjang dari kepala sampai ekornya. Sushui juga memiliki bercak merah di bagian mata, sirip, dan perutnya.

8. Matsuba
Koi jenis ini memiliki warna dasar metalik dengan pola hitam. Variasi warnanya pun beragam, seperti Gin Matsuba yang memiliki warna dasar putih, Ki Matsuba yang berwarna dasar kuning, dan Aka Matsuba memiliki dasar merah.

9. Hikarimono
Ini adalah jenis koi berwarna keemasan tanpa corak. Warnanya beragam, seperti Nezu Ogon, Orenji Ogon, dan Platinum Ogon. Tentunya, Hikarimono tanpa corak adalah Koi yang sempurna.

10. Bekko
Koi Bekko adalah koi dengan warna dasar putih [Shiro Bekko], merah [Aka Bekko], dan kuning [Ki Bekko] dengan bercak-bercak hitam di tubuhnya.

11. Goromo/ Koromo
Pada dasarnya Koi ini sama dengan jenis Kohaku, namun disilangkan dengan jenis Sanshoku. Jenisnya ada 3; Budo Goromo [memiliki warna keunguan karena ada bayangan biru menutup hampir seluruh corak merah], Ai Goromo [sama seperti Kohaku, namun ada sedikit bayangan biru yang menutupi corak merah], Sumi Goromo [bayangan hitam yang membuat seluruh corak menjadi tampak hitam].

12. Goshiki
Goshiki memiliki arti lima warna. Begitu pun Koi Goshiki yang berwarna dengan perpaduan warna hitam, merah, putih, biru, dan abu abu atau perak. Goshiki adalah hasil perkawinan silang antara Kohaku dan Asagi.

13. Hikarimoyo
Ini adalah jenis ikan Koi dengan corak berwarna metalik. Jenis ini ada bermacam-macam seperti jenis Kujaku, Kikusui, Hariwake, dan lain-lain [gambar di atas adalah jenis Kujaku].

14. Kawarimono
Sebutan ini adalah untuk Koi non-metalik yang tidak memiliki kategori, namun sudah diakui jenisnya. Ada banyak macam Koi ini karena persilangan, seperti Kumonryu, Beni Kumonryu, Chagoi, Soragoi, Ochiba Shigure, Kikokuryu, Kin Kikokuryu, Karasugoi, Haijiro, Aka Haijiro, Midorigoi, dan sebagainya [gambar di atas adalah jenis Kin Kikokuryu].

Gimana? Semoga sekarang Anda udah bisa menentukan jenis koi yang akan dipelihara. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto aquaserene/berbagai sumber]