Serba Serbi PMS
Lifestyle

Serba Serbi PMS

by Sherra
Wed, 20-Jul-2016

PMS. Pre-Menstrual Syndrome. Rangkaian kata yang mungkin ditakuti sebagian lelaki saat para wanita mengalaminya. Para wanita pastinya khatam rasanya mengalami premenstrual syndrome ini. Coba simak beberapa hal ini, biar dirimu dan dirinya mengerti.

1. PMS adalah kombinasi gangguan emosi, psikologis, suasana hati, dan fisik sebelum wanita haid.

2. Gejala PMS biasanya terjadi 1-2 minggu sebelum menstruasi, datang bulan, atau haid. Gejala biasanya hilang saat mulai haid.

3. PMS dapat mempengaruhi wanita dari segala usia dan memiliki efek yang berbeda-beda.

4. Penyebab PMS sih belum jelas, tapi salah satunya perubahan hormon. Tingkat hormon tiap wanita mempengaruhi.

5. Stres dan masalah emosional, seperti depresi pun memperburuk gejala PMS. So, hindari stres yaa girls!

6. Profesor Pine dari Unitersitas Hertfordshire mengungkapkan dari hampir 500 wanita, 2-3 di antaranya lebih boros belanja ketika PMS.

7. Beberapa kemungkinan penyebab lainnya, adalah rendahnya tingkat vitamin, mineral, dan kurang cairan.

8. Tanda lain saat kamu PMS seperti berikut:

  • muncul jerawat
  • payudara bengkak atau tender
  • merasa lelah
  • kesulitan tidur
  • sakit perut, kembung, sembelit, atau diare
  • sakit kepala atau sakit punggung
  • perubahan nafsu makan atau mengidam makanan
  • nyeri sendi atau otot
  • sulit berkonsentrasi atau mengingat
  • tegang, mudah marah, mood-swing, menangis
  • cemas dan depresi

Coba, mari kurangi gejalanya dengan cara berikut ini:

1. Kalau kamu stres, makin buruklah gejala PMS tersebut. Cobalah tenangkan diri dengan yoga, meditasi, atau latihan pernafasan.

2. Sinar matahari bisa meringankan gejala PMS. Coba deh berjemur selama 20 menit karena dapat merangsang serotonin dan meningkatkan mood.

3. Kurangi makanan asin, manis, kafein, minuman berenergi, dan alkohol.

4. Minumlah sumplemen, seperti B-Complex, kalsium, Omega 3 dan 6

5. Tidur yang cukup.

6. Makan makanan seimbang seperti, buah dan sayur, berlemak baik, gandum, dan biji-bijian lainnya.

7. Teruslah bergerak! Olahraga rutin supaya aliran darahmu lancar.

Ohiya, jangan lupa catat waktu haid supaya nantinya lebih mudah untuk mengetahui waktu PMS. Coba deh cari aplikasi untuk mencatat siklus haidmu. Bukan cuma itu sih, tapi kamu bisa tahu apakah siklusnya normal atau nggak.

Buat para ibu yang anak gadisnya baru pertama kali mengalami haid, coba intip di sini untuk menjawab pertanyaan seputar "dapet". [][teks @saesherra/womenshealth.gov, yourtango.com/berbagai sumber | foto gettyimages.com]