Aturan Buat Selfie
Lifestyle

Aturan Buat Selfie

by Sherra
Thu, 10-Nov-2016

Negara Indonesia adalah negara hukum. Begitulah yang tercantum dalam Pasal 1 ayat [3] UUD 1945. Tapi kita nggak ngomongin hukum di Indonesia kok. Cuma ternyata selfie juga punya aturannya. Hihihi. Simak ya.  

1. Pencahayaan mendukung

Saat selfie, itu butuh cahaya. Kalau gelap-gelapan, hasilnya bakal kurang menarik dan nggak jelas terlihat gaes. Nggak perlu beli lighting kayak di studio. Cukup melipir ke jendela untuk mendapat cahaya alami. Kalau selfie outdoor, waktu yang tepat buat adalah pas matahari terbit atau terbenam. Jadi nggak begitu tepat di atas kepala yang bikin mata panda makin kelihatan.

2. Pantulan cahaya

Kamu bisa letakkan kertas putih di bawah pipi untuk menciptakan pantulan cahaya alami, menerangi wajah, dan juga mengurangi efek pipi ganda.

3. Cari angle terbaik

Buat yang udah pro, pasti udah hapal ya gimana narsis dengan angle yang nggak bikin terlihat gemuk. Nah, inilah sebabnya gallery hape beberapa orang yang suka selfie pasti penuh dengan foto dirinya karena kadang selfie nggak bisa sekali cekrek buat dapet yang bagus.

4. Cari background yang tepat

Mau selfie indoor atau outdoor, baiknya kamu cari background yang pas juga. Kalau lagi di luar mungkin akan lebih mudah dapat background yang menarik. Kalau di rumah kamu bisa rapi-rapi dulu. Jangan sampai ada pemandangan yang nggak enak terlihat di foto kamu. Hihihi. Kalau kamu suka membaca, tumpukan buku bisa jadi background buat selfie.

5. Eskspresikan diri

Senyum, ketawa, flat, muka jelek, atau sok ala model, boleeh… Duck face? No. Udah nggak jaman. Tapi kalau buat selfie seru-seruan sama temen sah-sah aja.

6. Pose dengan hal baru

Nggak melulu narsis manis. Kamu bisa selfie pas lagi snorkeling, hiking, atau kegiatan seru lainnya. Ups, asal jangan membahayakan diri ya.

7. Jangan pakai flash!

Pokoknya jangan. Hmm kecuali kalau emang butuh banget dan nggak bikin efek red eye.

8. Crop foto

Kali aja ada objek yang agak mengganggu, crop aja. Apalagi kalau itu adalah hasil selfie yang udah terbaik.

9. Edit fotomu

Boleh-boleh aja kok kalau kamu mengedit dengan menambahkan exposure, brighten, atau sharper. Asal jangan diedit sampai orang lain nggak ngenalin kamu. LOL.

10. Pakai filter

Bakalan beda banget foto selfie kamu kalau ditambah filter. Cobain aja beberapa filter sebelum memilih mana yang pas buat foto kamu.

11. Gunakan aksesoris

Kalau kamu tipe orang yang diki-dikit selfie dan upload ke media sosial, jangan lupakan aksesoris. Topi, kacamata, atau wig bisa jadi perhatian dan bikin fotomu nggak basi. Masa mau foto dengan gaya yang itu-itu melulu?

12. Pakai kamera belakang

Mungkin banyak yang nggak suka cara ini. Tapi kamera belakang biasanya punya kualitas foto yang lebih bagus daripada kamera depan. Kecuali kamera depanmu emang jernih banget. Sok atuh cekrek!

13. Selfie nggak mesti sendiri

Kamu bisa ajak teman, saudara, atau binatang peliharaan untuk diajak selfie. Lagian kalau ajak teman pas selfie di tempat tertentu kan jadi nggak malu banget foto sendiri.

14. Break the rules

Walaupun ini sudah "hukum" selfie, tapi ya sudahlah, selfie tetap lah selfie. Bebas ajaah..

15. The last but not least

Kamu jangan lupa daratan. Bebas boleh, tapi harus punya batasan. Jangan pernah selfie di pemakaman atau saat ada kecelakaan. Hal itu bisa menyinggung perasaan orang lain. Apalagi selfie di situs atau patung memorial. Kesannya kamu nggak menghormati kejadian yang pernah terjadi di sana lho. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto pixabay.com]