Indoor Cycling, Gowes Sambil Party
Lifestyle

Indoor Cycling, Gowes Sambil Party

by Sherra
Thu, 24-Nov-2016

Jenis olahraga apa yang kamu sering lakukan? Kini ada salah satu jenis olahraga baru lho. Pas buat orang sibuk dan butuh waktu efektif berolahraga, yaitu kelas dengan latihan kardiovaskular intensif dan koreografi yang dilakukan sambil bersepeda. Udah gitu kamu bisa merasakan atmosfer dugem dengan lagu upbeat yang menambah semangat nge-gowes. Asyik ya?

Ada sebuah tempat di Jakarta Selatan yang merupakan boutique cycling studio indoor pertama di Indonesia yang menawarkan fasilitas itu. Mungkin kalau bersepeda di ibukota mungkin agak malas. Di samping kendaraan yang semerawut, tapi juga polusi udara. Gita Sjahrir, pendiri indoor cycling di Jakarta bilang ia mengenal olahraga tersebut saat dulu dia mencobanya ketika tinggal di New York.

“Dulu pertamanya datang sekali seminggu, malah jadi ketagihan sampai jadi lima kali seminggu. Dan waktu itu aku merasa, 'kenapa ya nggak ada yang seperti ini di Indonesia?'. Kayaknya orang pasti suka. Sekarang kan banyak yang sibuk, apalagi orang cosmopolitan. Kenapa nggak kita menawarkan konsep yang menyenangkan, mirip kayak disko, tapi masih olahraga yang efektif cuma 45 menit,” jelas wanita bernama lengkap Gita Rusmida Sjahrir ini.

Gita adalah instruktur bersertifikat Schwinn di Indonesia, yaitu metode indoor cycling bagus dan terkenal di dunia. Dia merekomendasikan ikut indoor cycling sekali-sekali kalau pengin mencoba olahraga yang menyenangkan. Tapi kalau mau dapat fitness goal, lebih baik ikut tiga kali per minggu. Kalau dilakukan dengan benar, selama 45 menit kamu bisa membakar hingga 700 kalori per sesinya. Itu tergantung pada berat badan dan metabolisme ya.

“Untuk latihan ini bisa siapa saja dari umur berapa pun. Klien kami ada yang berusia 18 hingga 66 tahun. Tapi tetap perlu ada approval dari dokter sebelum latihan ini dan harus tahu kondisi tubuh,” katanya.

Selain kekuatan otot, putri dari pasangan almarhum Dr. Sjahrir dan Dra. Nurmala Kartini Panjaitan ini bilang indoor cycling bisa bikin tubuh lebih ramping dan berbentuk kalau dilakukan rutin dan sering. Daya tahan tubuh dan kardio tubuh lebih bagus.

“Otot yang terbesar sebenarnya kaki. Jadi kalo kita work out kaki, itu bikin kaki lebih kuat. Tapi, pembakaran lemak dengan bersepeda sebenarnya bisa berefek ke seluruh tubuh. Bukan cuma satu bagian aja,” pungkasnya.

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba indoor cycling bisa ikutan di studio RIDE, Bengkel Crossfit, SCBD. [][teks & foto @saesherra]